Jumlah DPS Kota Bekasi Belum Final

Ilustrasi Pilkada

Ilustrasi Pilkada

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, menyampaikan jika hasil daripada rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) masih dalam proses perbaikan.

Ucu menyebut jika rekapitulasi jumlah DPS di Kota Bekasi belum final. Lembaganya masih akan melakukan rekapitulasi hasil perbaikan DPS pada tanggal 3-7 April, dilanjutkan rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kelurahan dan penyampaiannya beserta DPS hasil perbaikan kepada PPK pada 8-10 April.

KPU Kota Bekasi sebelumnya telah menetapkan jumlah DPS Kota Bekasi dalam rapat pleno, belum lama ini, data yang ada menyebutkan jumlah DPS sebesar 1.383.018 dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi.

Sementara ini, masih terdapat 8.789 warga yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) dengan rincian 4.573 laki-laki dan 4.225 perempuan. Mereka terancam tidak dapat menyalurkan hak politiknya di Pilkada Kota Bekasi 2018.

Kalupun bisa, Ucu memproyeksikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tahun 2018 hanya bertahan di angka 1,6 juta orang. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan DPT pada tahun 2014, atau pemilu terakhir Pemilihan Presiden yang mencapai 1,7 juta.

“Jumlah menurun karena Pilpres seluruh warga bisa mencoblos. Nah, ini kan Pilkada, hanya warga yang ber-KTP Kota Bekasi saja yang bisa menyalurkan hak politiknya, mereka bisa nyoblos asalkan membuat KTP Kota Bekasi,” kata Ucu, Senin (19/3/2018).

Ucu menegaskan, penurunan jumlah pemilih tidak saja terjadi di Kota Bekasi. Namun, terjadi pula di daerah-daerah lain yang melaksanakan Pilkada serentak 27 Juni 2018.

Pihaknya akan kembali mengsingkronisasi data pemilih hingga April mendatang. Warga yang belum terdaftar dapat menyambangi masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Mereka akan kembali mendata jika warga mempunyai KTP-El atau Surat keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kota Bekasi.

“Jika tidak, mereka tidak akan terdaftar namanya di DPS maupun di DPT nanti,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …