Berjalan Sambil Lihat Ponsel Denda Rp1,3 Juta

Zombie gawai. (Foto: bordermail.com)

Zombie gawai. (Foto: bordermail.com)

ZOMBI-zombi itu berkeliaran di jalanan Kota Montclair, California, Amerika Serikat. Mereka berjalan nyelonong tanpa memedulikan orang-orang di sekitarnya.

Karena itu, pemerintah kota setempat pun bikin aturan anyar. Yakni, denda untuk para ’’mayat hidup’’ tersebut.

’’Kami harus melakukan sesuatu terhadap para zombi gawai itu,’’ kata Manajer Kota Montclair Edward Starr.

Ya, yang dipermasalahkan adalah orang-orang yang mata dan wajahnya ’’lengket’’ ke gadget. Mereka kerap berjalan sangat perlahan atau justru beberapa kali menabrak.

Mulai Agustus, mereka yang menyeberang jalan sambil mengirim pesan atau menelepon akan didenda USD 100 atau setara dengan Rp 1,37 juta.

Begitu juga yang menggunakan headset di kedua kupingnya. Jika pelanggaran berulang, denda bisa lima kali lipatnya.

Aturan itu ditegakkan karena angka kecelakaan pada 2016 yang melibatkan pejalan kaki, para zombi itu, meningkat 14 persen jika dibandingkan 2014.

Menurut Starr, aturan itu akan didukung oleh komitmen penduduk. ’’Bahkan, para pelajar cukup mengerti. Mereka mengaku perlu aturan ini karena mereka tahu bahwa nyawa mereka berharga,’’ katanya. (sha/c19/dos/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …