Pemkot Bekasi Komitmen Penuhi Kebutuhan Hunian bagi Masyarakat

Rusunawa Bekasijaya. (Foto: Dokumentasi Gobekasi/Ivan)

Rusunawa Bekasijaya. (Foto: Dokumentasi Gobekasi/Ivan)

PEMERINTAH Kota Bekasi komitmen terhadap pemenuhan kebutuhan hunian bagi masyarakatnya. Salah satu bentuk upaya tersebut yakni dengan dibangunnya, sejumlah rumah susun sewa (Rusunawa) di Kota Bekasi.

“Kita sudah punya satu rusun di Bekasi Timur. Tahun ini kita sedang bangun di daerah Bantargebang. Akhir tahun 2018 rusun sudah jadi,” ujar Kepala Disperkimtan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar dalam Bincang Santai Rukun Jurnalis Bekasi di Hutan Kota (Alun-alun Kota Bekasi) dengan teman Rumah Susun untuk Rakyat, Jumat (16/3/2018) malam.

Menurutnya, pembangunan rumah susun merupakan salah satu upaya pemerintah melaksanakan amanat dari Undang-undang Dasar 1945 pasal 28 Ayat 1. Serta Undang-undang Nomor 1 tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Undang-undang Nomor 20 tahun 2011 tentang Rumah Susun.

“Kami terus berupaya menyediakan hunian bagi masyarakat yang kurang beruntung. Jadi kami sediakan rusun untuk mereka yang belum bisa memiliki rumah,” kata dia.

Sayangnya, kata dia menyediakan rumah susun bagi masyarakat tidak mudah. Pemkot Bekasi menurutnya, terkendala keterbatasan lahan.

“Harga lahan di Kota Bekasi sudah sangat mahal. Coba kalau kita punya banyak lahan, pasti kita akan bangun banyak rumah susun untuk masyarakat,” kata dia.

Dadang juga menjelaskan, bahwa upaya pemerintah memenuhi kebutuhan hunian bagi warganya tidak terbatas pada pembangunan rumah susun saja.

Sejumlah upaya juga dilakukan salah satunya dengan mengatasi kawasan permukiman kumuh dan menggalakan progam Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

“Ada sejumlah kawasan pemukiman kumuh. Jumlah rumahnya itu mencapai tiga ribuan. Nah kita mulai selesaikan persoalan itu. Kini sisa sekitar seribu lebih rumah. Kita juga membangun rumah yang sudah tidak layak huni dengan program rutilahu. Jadi tidak melulu membangun rusun,” pungkasnya.

Sekadar informasi Bincang Santai Rukun Jurnalis Bekasi juga menghadirkan narasumber lain, Perwakilan Perkumpulan Wirasuahaman Rumah Rakyat Nusantara (Perwiranusa) Jawa Barat, Asep Hanafiah, Ketua Panitia Khusus 24 DPRD Kota Bekasi, Komarudin dan Anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi, Daryanto. (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …