Kadishub: Pembangunan Jembatan Bantu Urai Kemacetan di Kota Bekasi

Flyover Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede, diresmikan langsung oleh Pemerintah Kota Bekasi, Senin (29/1/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

Flyover Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede, diresmikan langsung oleh Pemerintah Kota Bekasi, Senin (29/1/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

KEPALA Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, mengatakan, pembangunan jembatan dan jaringan jalan sangat membantu dalam mengurai kemacetan.

Soalnya, 500 ribu kendaraan bergerak setiap hari di kota patriot ini. Ia merinci, dari ribuan jumlah kendaraan yang bergerak itu terbagi atas kendaraan mobil dan sepeda motor yang melintas di jalan protokol dan arteri.

Sementara itu, 2000 kendaraan bergerak keluar dari tol Bekasi Barat, dan 700 kendaraan dari tol Bekasi Timur.

“Jumlah kendaraan yang bergerak berbanding lurus dengan jumlah penduduk, sehingga bila penduduk bertambah sudah dipastikan kendaraan di Kota Bekasi juga bertambah,” kata Yayan, Kamis (15/3/2018).

Yayan mengatakan, ada 19 titik kemacetan di ruas Kota Bekasi, di antaranya Simpang Sumir, Tol Timur, Tol Barat, Pulo Ribung, Pondokgede, Kampung Dua, Sasak Papan, Harapan Indah, Sumber Arta, Bintara, Kranggan, Alexindo, Jembatan Besi Teluk Pucung, Pondokungu, Bulan-Bulan, Caman Jatibening, Pasar Rebo Jatiasih dan Bulak Kapal.

Meski demikian, kata dia, ada enam titik kemacetan yang berhasil ditangani berkat pembangunan jembatan dan penataan infrastruktur di Kota Bekasi.

“Seperti di Tol Timur, Kampung Dua, Sasak Papan, Bulan-Bulan, Pasar Rebo Jatiasih dan Bintara,” tandas Yayan.

Data dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi, kendaraan di Kota Bekasi pada tahun 2018, menembus hingga 1.459.993 unit. Jumlah tersebut turun sebanyak 133.985 unit dari tahun 2017 yang menembus 1.593.978 unit.

Jumlah kendaraan di Kota Bekasi cenderung dinamis. Buktinya, pada tahun 2015 silam, jumlah kendaraan di Kota Bekasi menembus 1.593.978 unit. Dan, di tahun 2016 mengalami penurunan menjadi 1.472.551 unit.

Rasio antara jalan dengan luas wilayah di Kota Bekasi hampir menembus target. Saat ini ruas jalan di Kota Bekasi telah mencapai 10 persen.

Sementara untuk wilayah perkotaan seperti Kota Bekasi, idealnya adalah 12 persen dari luas wilayah setempat sebesar 210,5 kilometer. (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …