Problematik Sampah di Kali Cikarang

(Ilustrasi) Sampah di Kali Cikarang terlihat menumput sehingga menghambat aliran air ke Kali Srengseng. (Foto: Andi Saddam Khusein/GoBekasi.co.id)

(Ilustrasi) Sampah di Kali Cikarang terlihat menumput sehingga menghambat aliran air ke Kali Srengseng. (Foto: Andi Saddam Khusein/GoBekasi.co.id)

KALI Cikarang di Kampung Srengseng, Sukatani, mempunyai masalah dengan sampah yang menumpuk di jembatan.

Sampah kerap mengeluarkan bau yang tidak sedap dan menjadi penyebab banjir. Walaupun sering dibersihkan, sampah selalu menumpuk kembali, karena terhalang dengan jembatan.

“Setiap turun hujan pasti banjir, karena saluran air Sungai Cikarang tersumbat dengan sampah, saya sangat berharap permasalahan sampah bisa secepatnya teratasi,” ucap salah satu warga Kampung Srengseng, Minah (49), Selasa (13/3/2018).

Hal senada disampaikan Kepala Desa Sukamulya Umin Suminta, dia menjelaskan permasalahan sampah sudah cukup lama. Selama ini dirinya dan pegawai desa lainnya membersihkan sampah setiap hari Jumat.

“Kalau mau permasalahan sampah ini selesai, jembatan harus dibongkar, karena kondisi jembatan yang rendah, jadi sampah enggak mengalir. Saya sudah mengajukan setiap tahunnya, agar jembatan di bongkar, dan dibuat kembali, tapi belum pernah ada tanggapan dari dinas terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Taih Minarno berharap dinas terkait bisa bekerja sama, dan pemerintah daerah mau menugaskan pegawai untuk mengatasi permasalahan sampah ini.

“Dinas Binamarga, PUPR, dan Pemukiman harus bekerjasama, Bupati juga harus memprintahkan anak buahnya membersihkan sampah ini,” tegasnya.

Taih juga belum bisa memberikan solusi untuk permasalahan sampah ini, karena dirinya belum melihat keadaan Sungai Cikarang yang banyak sampah.

“Nanti saya akan lihat dulu kedaan sampahnya, yang pasti solusinya tetap saja harus dibersihkan, tapi saya belum tahu pasti apa permasalahannya,” tukasnya.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …