Jumlah DPT di Pilkada Kota Bekasi 2018 Diproyeksikan Menurun

CELUP JARI : Warga Desa Babelan Kota memberikan suaranya di pilkades pada Minggu (10/5) lalu. Namun dari pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu, tumpukan sampah terlihat di lapangan yang digunakan sebagai tempat pemungutan suara. PUTRI/ILUSTRASI/RADAR BEKASI

CELUP JARI : Warga Desa Babelan Kota memberikan suaranya di pilkades pada Minggu (10/5) lalu. Namun dari pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu, tumpukan sampah terlihat di lapangan yang digunakan sebagai tempat pemungutan suara. PUTRI/ILUSTRASI/RADAR BEKASI

JUMLAH Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilkada Kota Bekasi 2018 diproyeksikan menurun. Jika pada tahun 2013 mencapai 1,7 juta, tahun ini hanya berkisar sampai 1,6 juta pemilih.

“Soalnya, hasil Coklit (pencocokan dan penelitian) banyak penduduk yang meninggal dunia dan pindah tetap,” kata Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Sosialiasi dan SDM, Nurul Sumarhaeni, Selasa (13/3/2018).

KPU Kota Bekasi saat ini, tengah mempersipakan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Coklit ke rumah-rumah warga pada akhir Februari lalu.

“Penetapan jumlah DPS ditetapkan pada tanggal 16 Maret,” tuturnya.

Nurul menjelaskan, hasil dari Coklit oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah di rekap oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Bekasi.

“Hasil coklit masih di rekap oleh PPK menjadi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP), tanggal 16 baru kita tetapkan menjadi DPS,” ujar Nurul.

Selanjutnya, kata Nurul, terdapat penyampaian DPS kepada PPS pada tanggal 17-23 Maret. Kemudian, pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DPS pada 24 Maret-3 April.

Sementara itu, terdapat perbaikan DPS pada tanggal 3-7 April, dilanjtkan rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kelurahan dan penyampaiannya beserta DPS hasil perbaikan kepada PPK pada 8-10 April.

Rekapitulasi hasil perbaikan tingkat kecamatan/kelurahan dan penyampaiannya kepada KPU/KIP Kota Bekasi pada 11-12 April.

Kemudian, rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kota untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada, 13-19 April

Penyampaian DPT kepada PPS pada, 20-29 April. Rekapitulasi DPT tingkat provinsi 20-21 April hingga pengumuman DPT oleh PPS pada, 29 April-27 Juni. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …