Masuk Tol sebelum Ganjil-Genap Mulai, Truk Bakal Ditilang?

Truk terpaksa berputar arah karena berpelat nomor ganjil di Pintu Tol Bekasi Timur, Senin (12/3/2018). (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

Truk terpaksa berputar arah karena berpelat nomor ganjil di Pintu Tol Bekasi Timur, Senin (12/3/2018). (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

TRUK dipastikan tidak ditilang saat melintas di ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek), meski tiga paket kebijakan Menteri Perhubungan mulai berlaku pada Senin (12/3/2018) pagi.

Asalkan, kendaraan golongan III, IV dan V itu sudah masuk ke tol lebih dulu dari jadwal pelarangan truk yang berlaku sejak pukul 06.00-09.00 WIB.

“Kalau sudah telanjur masuk sebelum jadwal 1
pembatasan, truk tetap melaju untuk melanjutkan perjalanan,” kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono, Senin (12/3/2018).

Keberadaan ruas tol Jakarta Cikampek sangat sentral dalam menopang perekonomian.

Tol yang dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jasa Marga ini biasa digunakan sebagai jalur distribusi barang dari dan ke kawasan industri di Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang hingga Provinsi Banten.

Namun sejak beberapa bulan terakhir arus lalu lintas di tol Japek sangat padat. Selain volume kendaraan cukup tinggi, di sana juga ada tiga mega proyek pemerintah yang dilakukan secara bersamaan.

Proyek itu adalah pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di sisi selatan tol, proyek tol Jakarta-Elevated di median jalan tol dan pembangunan light rail transit (LRT) di sisi utara tol.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemudian mengeluarkan tiga paket kebijakan di ruas tol Japek melalui Permenhub Nomor 99 tahun 2019 dan Permenhub Nomor 18 tahun 2018.

Tiga paket kebijakan ini adalah aturan ganjil-genap pelat kendaraan bagi golongan I di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta.

Lalu pembuatan jalur khusus angkutan bus di bahu jalan tol, dan pembatasan jam operasional kendaraan barang (dua arah) pada golongan III, IV dan V.

Ketiga paket kebijakan ini berlaku mulai Senin, 12 Maret 2018 setiap hari kerja, Senin-Jumat dari pukul 06.00-09.00. Sementara akhir pekan dan libur nasional ditiadakan. (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …