Imbas Penerapan Sistem Ganjil Genap di Ruas Arteri Tak Terbukti

(Ilustrasi) Pengendara melintasi underpass Jalan KH. Noer Alie, Caman Kalimalang Kota Bekasi, kemarin. Pemkot Bekasi mendapatkan dana hibah sebesar Rp400 miliar guna pembangunan infrastruktur di perbatasan DKI Jakarta dengan Kota Bekasi. (Foto: Dokumentasi GoBekasi)

(Ilustrasi) Pengendara melintasi underpass Jalan KH. Noer Alie, Caman Kalimalang Kota Bekasi, kemarin. Pemkot Bekasi mendapatkan dana hibah sebesar Rp400 miliar guna pembangunan infrastruktur di perbatasan DKI Jakarta dengan Kota Bekasi. (Foto: Dokumentasi GoBekasi)

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Jawa Barat, memastikan prediksi kemacetan di sejumlah ruas jalan arteri Kota Bekasi sebagai imbas penerapan rekayasa lalu lintas ganjil-genap Tol Jakarta-Cikampek, Senin (12/3/2018) pagi tidak terbukti.

“Pergerakan kendaraan jadi lebih pagi dari biasanya, mereka berupaya bangun lebih pagi untuk menghindari sistem ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

Menurut dia, sejumlah ruas jalan alternatif itu di antaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan KH Noer Alie Kalimalang, Jalan I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Ir H Djuanda tepantau kondusif selama pemberlakuan ganjil-genap pukul 06.00-09.00 WIB.

“Situasi lalu lintas mengalir, situasi kepadatan masih relatif wajar di beberapa persimpangan,” katanya.

Sejumlah pengendara truk bertonase berat yang terkena pemberlakuan larangan melintas di tol juga tidak nampak di jalur arteri Kota Bekasi. Dikatakan Yayan, kepadatan arus lalu lintas justru terjadi di sekitar pintu masuk Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur jelang pemberlakuan ganjil-genap.

Beberapa ruas jalan arteri yang mengarah ke gerbang tol pun mengalami kepadatan lebih kurang dua kilometer sebelum pukul 06.00 WIB, di antaranya terjadi di Jalan Raya Pengasinan Bekasi Timur, Jalan Joyomartono Bekasi Timur, dan Jalan Ahmad Yani Bekasi Barat.

“Setelah pukul 06.00 WIB, kekhawatiran kami pada potensi kepadatan arus lalu lintas di jalur arteri tidak terjadi. Meski ada beberapa jalan padat, namun tidak separah yang dibayangkan,” katanya.

Menurut dia, situasi itu terjadi tidak lepas dari peran petugas pengurai kemacetan di lapangan sebanyak 150 personel Dishub. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …