Mafindo Edukasi Anak Soal Bahaya Hoax Lewat Permainan

Permainan ular tangga anti hoax di salah satu sudut Plaza Pemkot Bekasi, Bekasi Selatan, Minggu (11/3/2018). (Foto: Pojok Jabar/GoBekasi)

Permainan ular tangga anti hoax di salah satu sudut Plaza Pemkot Bekasi, Bekasi Selatan, Minggu (11/3/2018). (Foto: Pojok Jabar/GoBekasi)

BELAKANGAN ini isu Hoax semakin sering diperbincangkan. Pasalnya berita bohong (hoax) kerap kali merusak tatanan masyarakat sehingga perpecahan sering terjadi.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) berkolaborasi dengan, Diskominfostandi, ICT Watch, Smart School Online, Siber Kreasi, Lembaga Perlindungan Anak di acara deklarasi anti hoax sebagai bentuk kepedulian bersama menangkal penyebaran berita bohong, fitnah dan hasut di media sosial. Maka dari itu deklarasi ini dimaksudkan guna meminimalisasi banyaknya berita hoax di masyarakat.

Mafindo mengajak semua para orang tua di Indonesia khususnya Bekasi untuk memberi edukasi kepada anak usia dini terkait Hoax.

“Ini bentuk edukasi kepada anak usia dini yaitu permainan ular tangga internet sehat artinya permainan ini untuk mengenal ke anak-anak kita bagaimana sejak kecil mereka sudah mengenal hoax dan bahayanya,” kata Koordinator Mafindo Kota Bekasi, Marlina kepada pojokjabar di sela-sela acara Stop Hoax Fun Day 2018 yang berlangsung di Alun-alun Plaza Balaikota Bekasi, Minggu (11/03/2018).

Mafindo mengusung konsep permainan, karena anak usia dini cenderung bermain oleh karena itu ia beserta dinas dan komunitas yang ada di Bekasi mengajak anak usia dini belajar sambil bermain.

“Anak kecil kan cenderung suka main makanya kami membuat konsep permainan ini untuk belajar sambil bermain,” tuturnya
Sekedar informasi, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) adalah sebuah komunitas yang konsen terhadap hoax.

Bahkan, dalam acara ini Mafindo juga memperkenalkan aplikasi verifikasi informasi untuk smartphone Android yaitu, Hoax Buster Tools yang bisa di download secara gratis dari Playstore dan bisa digunakan untuk mencari tahu berita itu benar atau bohong, ataupun mencari berita yang bebas dari hoax.

Acara dimeriahkan dengan deklarasi massal Stop Hoax dan beragam acara seperti Sepeda dan Jalan Santai, Senam Sehat, serta pemotongan kue HUT Bekasi Ke-21.
Gerakan Stop Hoax Bekasi Smart City ini turut dihadiri oleh Plh Walikota Bekasi dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), dan Dirjen IKP Kemenkominfo.

Acara ini dimulai pukul 06.30 WIB diikuti oleh warga Kota Bekasi yang memeriahkan Gerakan Stop Hoax. Bukan itu saja, peserta yang beruntung disediakan grand prize berupa 1 paket umroh serta doorprize 1 unit mobil, 2 unit laptop, 2 unit ponsel dan hadiah menarik lainnya.

Agenda yang diselenggarakan di halaman Pemkot Bekasi itu didukung oleh sejumlah sponsor seperti Telkom, Telkomsel, BCA, White Koffie Luwak, LG, JNE, Promina, Govit, Alfamart, Langoon Avenue, Promina, Domino’s Plaza,  Red Planet.

(iks/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …