Mentan Sebut Indonesia Kalahkan Amerika Serikat

Menteri Pertanian Andri Amran Sulaiman. Foto: Dok/Humas Kementan

Menteri Pertanian Andri Amran Sulaiman. Foto: Dok/Humas Kementan

MENTERI Pertanian Andi Amran Sulaiman menerangkan pihaknya saat ini menjalankan program Upaya Khusus (Upsus) di sektor agraris Indonesia.

Dengan program itu kata Amran, Indonesia terbebas dari mengimpor beberapa komoditas.

Dia menuturkan, aspek Upsus yang diterapkan meliputi perubahan mendasar atas kebijakan-kebijakan yang menghambat pelaksanaan program, perbaikan infrastruktur, penguatan peran industri hilir, introduksi asuransi pertanian, dan memperpendek rantai pasok komoditas pertanian.

Salah satu bukti nyata keberhasilan Upsus ini adalah ekspor jagung yang dilakukan ke Filipina. Di mana dulunya Indonesia selalu mengimpor.

“Tahun ini sudah ekspor jagung ratusan ribu ton. Seandainya tidak ada program Upsus, kami akan mengimpor 4-5 juta ton,” ujar dia di Makassar, Jumat (9/3/2018).

Lulusan Universitas Hasanuddin ini menambahkan, berkat Upsus yang diterapkan peringkat sektor pertanian Indonesia di dunia juga meningkat tajam.

Sesuai survei yang dilakukan lembaga riset dan analisis ekonomi internasional The Economist Intelligent Unit (EIU) dan Barilla Center for Food and Nutrition (BCFN) Foundation, Indonesia menempati peringkat 16 dengan skor 53,87 untuk kategori pertanian berkelanjutan.

“Kita harus bangga, Indonesia berada di atas Tiongkok, Amerika Serikat, dan India,” terang Amran.

Pria kelahiran Bone ini juga mengatakan, keberhasilan sektor pertanian Indonesia juga dipuji oleh Kepala Food and Agriculture Organization (FAO Regional Bangkok (ADG FAO Bangkok), Kundhavi Kadiresan. Organisasi pangan dunia itu mengaku terkejut dengan kemajuan sektor pertanian Indonesia.

Beberapa program yang merupakan bagian Upsus menarik perhatian FAO yaitu pelaksanaan program asuransi pertanian dan sistem informasi pemantauan pertanian, kalender pertanian berbasis teknologi.

“Baru saja kami ketemu FAO, kemarin siang di Jakarta. Mereka mengapresiasi ekspor. Nilai ekspor kita naik 24 persen lebih,” tandas dia. (mg1/jpnn/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …