Baru 12 Puskesmas Terakreditasi

(Ilustrasi)  Pegawai Puskesmas Telukpucung, sedang memeriksa kesehatan warga sekitar. DOK/RADAR BEKASI

(Ilustrasi) Pegawai Puskesmas Telukpucung, sedang memeriksa kesehatan warga sekitar. DOK/RADAR BEKASI

DARI total 44 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bekasi, hanya 12 Puskesmas yang sudah terakreditasi. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sri Enny beberapa lalu.

Tahun ini akan ada 26 puskesmas yang diakreditasi. Akreditasi itu dilakukan setiap 3 tahun sekali.

“Saya masih menunggu keputusan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kapan akan dilakukan akreditasinya. Karena keputusan semua itu ada di Kemenkes yang menentukannya. Mudah-mudahan saja tak ada pengurangan jumlah Puskesmas yang akan diakreditasinya,” ujarnya.

Terang Sri, agar bisa diakreditasi, Puskesmas harus memenuhi persyatan yang sudah ditentukan Kemenkes. Ada sekira 700 penilaian.

“Salah satunya dari persyatan itu adalah admistrasi, kebersihan Puskesmas, pelayanan, dan masih banyak lainnya. Kalau semua persyaratan sudah terpenuhi, baru bisa diakreditasi,” terangnya.

Sri menambahkan, akan ada pembelajaran dulu sebelum diakreditasi, karena pengangkatan akreditasi ini diberikan waktu tiga tahun untuk menyiapkannya.

“Persiapannya sudah dari sekarang. Pihak Dinkes juga membantu menyiapkannya,” tambahnya.

Lanjut Enny, apabila sudah ditentukan kapan penilaiannya, maka lulus atau tidaknya akan ditentukan oleh Kemenkes, seperti akreditasi sekolah, akan ada ujian lulus atau tidak. Misalkan persyatan tidak terpenuhi, sudah pasti gagal akreditasinya.

“Ibarat kita sekolah agar cepat lulus harus ada ujian. Nah ujian itulah yang menentukan bisa diakreditasi atau enggaknya,” tukasnya. (lea/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …