Keren, Siswa SMK 5 Kota Bekasi Ciptakan Sejumlah Produk Ini

Siswi SMK 5 Kota Bekasi jurusan Kimia, Ayulina,Fanisa, Mirza,Fatia kelas 12 Kimia Analis, menunujukkan hasil produksinya, Selasa (27/2/2018). Foto: Yurizka Aditya/Gobekasi

Siswi SMK 5 Kota Bekasi jurusan Kimia, Ayulina,Fanisa, Mirza,Fatia kelas 12 Kimia Analis, menunujukkan hasil produksinya, Selasa (27/2/2018). Foto: Yurizka Aditya/Gobekasi

DALAM rangka memajukan unit produksi di lingkungan sekolah, Jurusan Kimia Analis SMK negeri 5 Bekasi membuat produk milik sendiri. Produk tersebut adalah sabun cuci piring, Pembersih Lantai, Pupuk Cair, Sabun Mandi, Parfum dan Liptin.

Beberapa Siswa yang ikut terlibat dalam pembuatan produk tersebut adalah Ayulina,Fanisa, Mirza,Fatia kelas 12 Kimia Analis. Mereka adalah beberapa anak yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan produk gagasan SMK Negeri 5 Kota Bekasi.

Fanisa mengatakan, produk tersebut setiap bulanya di produksi mencapai 40 Sampai 50 botol, Bahkan bisa lebih jika ada event sekolah atau pembagian raport.

“Jadi produk ini sebagain dijual belikan juga kepada lingkungan yang berada di sekolah, dengan harga 7 sampai 10 ribu perbotolnya,” ujarnya, Selasa (27/2/2018).
Sejauh ini Kata Fanisa, Fatia dan Mirza tingkat kesulitan dalam pembuatan produk tersebut adalah pembuatan pupuk, dikarenakan prosesnya yang rumit dengan mendaur ulang sampah dan sayuran yang digiling lalu dicampur dengan bahan kimia.

Namun meskipun begitu, produk dan bahan-bahan yang di campurkan aman tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

“Sejauh ini semua produk yang kita buat aman kok, gak ada bahan kimia yang berbahaya, karna sebelum dijual keluar kita sudah terlebih dahulu memakai produknya, jadi terbukti aman,” ungkap mereka.

Mereka berharap, dengan hadirnya produk yang mereka buat saat ini bisa menjadi pembelajaran dimasa depan setelah lulus dari SMKN 5 Bekasi.

“Kami kan jurusan SMK dan lebih memfokuskan untuk bekerja, jadi dengan adanya edukasi membuat produk kebutuhan rumah tangga ini kedepan kami bisa mengembangkan usaha ini, dan memasarkannya sesuai dengan pangsa pasar, dan kita juga sudah punya bekal ilmu dalam membuatnya dan memasarkannya,” tutupnya. (adv/dyt/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …