Oknum Dishub Kota Bekasi Tipu Warga Sipil Rp65 Juta, Dijanjikan Jadi PNS

Polisi menangkap Oknum Dishub Kota Bekasi dalam kasus penipuan terhadap warga Jatikramat, Jatiasih. Foto: Istimewa/Gobekasi

Polisi menangkap Oknum Dishub Kota Bekasi dalam kasus penipuan terhadap warga Jatikramat, Jatiasih. Foto: Istimewa/Gobekasi

OKNUM Dinas Perhubungan Kota Bekasi atas nama Arya (36) melakukan penipuan terhadap warga sipil di Jalan Wibawamukti II RT 02/03, Kecamatan Jatiasih.

Modus pelaku kepada korban atas nama Panggih (25) menjanjikan korban dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

Pelaku meminta uang tunai secara bertahap sebesar Rp65 juta kepada korban. Korban yang tergiur dengan modus pelaku akhirnya mengamini.

Pembayaran pun dilakukan secara bertahap oleh korban. Namun, selama 7 bulan lamanya, nasib korban tak kunjung ada kejelasan.

Malahan, pelaku pun menghilang tanpa kabar. Mereka akhirnya kembali menjalin komunikasi melalui telepon selular.

Kendati demikian, pelaku kembali meminta uang kepada korban sebesar Rp45 juta dikirim melalui rekening. Alasannya, untuk mengurus Surat Keputusan (SK) PNS.

Saat itulah korban mulai sadar jika dirinya sudah ditipu oleh oknum Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

Korban lantas melaporkan pelaku kepada Bhabinkamtibmas di wilayah setempat yang mana ditugasi oleh Aiptu Anton Suharsono untuk dilanjukan ke Mapolsek Jatiasih.

“Kami intruksikan korban untuk memancing pelaku agar mau memabayarnya secara tunai,” kata Kasubbag Humas Polres Metropolitan Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing, Jumat (23/2/2018).

Atas dasar itu, korban pun menuruti dan menghubungi pelaku melakukan pertemuan di rumah kakak kandung korban di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Disanah, korban sudah bersama dengan petugas kepolisian. Pelaku yang datang seorang diri pun tak berdaya dan mengakui perbuatannya itu.

Hanya saja, petugas tidak melakukan penangkapan terhadap pelaku. Soalnya, pelaku berjanji akan mengembalikan seluruh uang korban dalam waktu dekat.

Korban pun memaafkan perbuatan oknum Dinas Perhubungan Kota Bekasi itu dengan syarat menandatangani surat diatas materai yang disaksikan oleh kepolisian.

“Pelaku janji akan mengembalikan seluruh uang korban pada Minggu (25/2/2018) besok lusa, pukul 10.00 WIB,” tandasnya. (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …