Kadis LH Siapkan Sanksi 3 Pabrik di Kota Bekasi yang Tak Miliki IPLC

Kadis LH Jumhana Luthfi mengevaluasi kebersihan di sejumlah titik. Foto Istimewa

Kadis LH Jumhana Luthfi mengevaluasi kebersihan di sejumlah titik. Foto Istimewa

KEPALA Dinas Lingkngan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, mengatakan kalau perusahaan yang belum memiliki Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC) sejatinya tidak diperkenankan beroperasi.

Hal ini menindaklanjuti adanya temua tiga dari 14 pabrik yang berdiri di sepanjang bantaran Kali Bekasi, belum memiliki (IPLC).

“Kami akan cek nanti, apakah mempunyai izin atau tidak. Kalau tidak, mereka tidak boleh beroperasi,” kata Luthfi, Rabu (21/2/2018).

Menurutnya, jika suaatu perusahaan melanggar. Pemerintah dalam waku dekat akan memberikan sanksi khusus.

Sanksi yang diberikan dilakukan secara secara bertahap dari teguran, peringatan, penyegelan, pencabutan izin hingga dilaporkan ke polisi.

Beberapa waktu lalu telah menyegel dan mempolisikan PT Millenium Laundry di kawasan Bantargebang, karena dituding mencemarkan lingkungan.

Ada tiga jenis polusi yang dihasilkan oleh perusahaan di bidang jasa pencucian celana jeans itu.

Pertama polisi udara dari asap sistem pengering, polisi air dari limbah cair yang dibuang ke kali, dan polisi suara dari mesin yang dihasilkan sistem pengering.

“Makanya, kalau tidak memiliki IPLC jangan beroperasi. Kalaupun beroperasi, diwajibkan tidak mengeluarkan limbah cair terlebih dahulu,” ujar dia.

Luthfi mengatakan, bagi perusahaan yang mengacuhkan aturan bakal dilaporkan ke polisi.
Mereka bisa dijerat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3). (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …