Disdik Target 75 Persen SMP Swasta di Kota Bekasi Laksanakan UNBK

(Ilustrasi) Siswa SMAN 2 Kota Bekasi simulasi UNBK. (Foto: Dokumentasi/GoBekasi

(Ilustrasi) Siswa SMAN 2 Kota Bekasi simulasi UNBK. (Foto: Dokumentasi/GoBekasi

DINAS Pendidikan Kota Bekasi menargetkan pada tahun 2018 ini, minimal 75 persen SMP Swasta di dan 100 persen SMP Negeri Kota Bekasi dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal ini menjadi targer pihaknya lantaran pada tahun 2017, hanya ada 16 SMP yang melaksanakan UNBK. Rinciannya 4 SMP Negeri dan 12 SMP swasta.

“Kami imbau swasta untuk ikut dalam pelaksanaan UNBK,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi, Rabu (21/2/2018).

Soalnya, ada beberapa keuntungan dalam penggunaan perangkat komputer saat ujian. Selain lebih efisien, keamanan lembar soal juga lebih terjaga.

Bahkan, petugas tidak perlu mengambil dan membawa lembar soal dari dinas ke sekolah. Petugas juga tidak perlu menjaga kertas soal dari pagi sampai malam untuk menghindari adanya kebocoran soal.

“Karena UNBK telah menggunakan jaringan internet,” ujarnya.

Selain itu, kata Ali, peluang adanya kesalahan murid dalam mengisi jawaban juga lebih kecil. Berbeda bila pelaksanaan ujian masih manual menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Jawaban siswa tidak akan terbaca oleh komputer bila arsiran pada LJK kurang penuh atau keluar dari lingkaran yang disediakan.

“Intinya UNBK lebih cepat dan efisien. Begitu diisi, jawabannya sudah bisa kelihatan oleh petugas,” tandasnya. (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …