Libur Imlek, Angkutan Barang Diminta Tak Lintasi Tol Japek

Kondisi ruas tol Jakarta-Cikampek, Rabu (23/8/2017). (Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/GoBekasi)

Kondisi ruas tol Jakarta-Cikampek, Rabu (23/8/2017). (Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/GoBekasi)

KEMENTERIAN Perhubungan mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor SE. 1/AJ.201/DRJD/2018 dimana mengatur mengenai operasional angkutan mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih selama periode libur Imlek.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan kalau surat edaran itu berlaku kepada setiap perusahaan pemilik mobil barang demi mendukung kelancaran lalu lintas menjelang libur akhir pekan panjang memperingati Imlek yang jatuh pada Jumat (16/2/2018) besok.

“Kendaraan dengan sumbu 3 dapat menggunakan jalur arteri dan tidak melalui ruas jalan tol Jakarta-Cikampek maupun sebaliknya. Ketentuan berlaku sejak 15 Februari 2018 pukul 15.00 WIB hingga 16 Februari 2018 pukul 12.00 WIB,” kata Budi, Kamis (15/2/2018).

Jika dipaksakan, kata Budi, ruas tol Japek menjadi sangat krodit. Soalnya, saat ini ruas tersebut sedang ada pembangunan LRT Bekasi-Cawang, pembangunan jalan tol Elevated, dan pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung yang dilaksanakan secara bersamaan.

“Otomatis hal ini berpengaruh kepada kapasitas jalan. Oleh karenanya, untuk kendaraan pengangkut bahan bangunan, truk tempelan, truk gandeng, kendaraan kontainer dan kendaraan dengan sumbu 3 atau lebih untuk sementara tidak melewati jalan tol Japek,” ujarnya.

Budi melanjutkan, larangan ini dikecualikan untuk Bahan Bakar Gas, Bahan Bakar Minyak, pupuk, bahan pokok, ternak, susu murni, bahan antaran pos dan uang serta barang ekspor maupun impor dari lokasi home industri dan atau sebaliknya ke pelabuhan ekspor maupun impor.

“Koordinator di lapangan tetap berada di bawah kendali Kepolisian RI dengan mempertimbangkan kondisi yang terjadi di lapangan,” pungkasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …