Cara Mudah Mengurus SIUP dan TDP di Mal Pelayanan Publik

Suasana loket di Mal Pelayanan Publik, Bekasi Timur, Kamis (15/2/2018). (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

Suasana loket di Mal Pelayanan Publik, Bekasi Timur, Kamis (15/2/2018). (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

DINAS Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi hadir di Mal Pelayanan Publik, Pasar Proyek Trade Center, Bekasi Timur.

Dinas itu melayani pembuatan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusabaan (TDP). Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Front Office DPMPTSP Kota Bekasi, Nurul Yakin.

“Saat ini dari DPMPST yang paling banyak pelayanannya adalah yang mengurus SIUP dan TDP. P4osedurnya pun mudah, mengurusnya juga tidak harus ke sini sebenarnya karena sistem kita sudah online jadi bisa langsung di rumah,” katanya Kamis (15/2/2018).

Namun DPMPTSP memberikan pelayanan bagi masyarakat Bekasi yang belum mengetahui prosedur tersebut.

Syarat pembuatan KK, KTP dan Akta Kelahiran(klik)
Syarat pembuatan Akta Kematian (klik)
Syarat pembuatan Kartu Kuning AK-1 (klik)

” Jadi pemohon kita arahkan ke nomer antrean untuk mengambilnya terlebih dahulu, bila masyakatat belum tahu sistem online kita arahkan berkas untuk izin online dan membuat akun aplikasi pelayanan Silat (sistem informasi pelayanan terpadu) dengan aplikasi tersebut kami juga berikan petunjuk untuk membuat akun,” ujarnya.

Setelah itu lanjut dia, jika ada kesulitan pihaknya akan membantu untuk validasi, bukan hanya itu pemohon juga bisa mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan langsung dari rumah ataupun dari Mal Pelayanan Publik (MPP) data-data yang dibutuhkan untuk dipindai ialah NPWP, KTP Pemohon, dan domisili tempat usaha.

“Tapi jika memang kalo ada yang gak tau cara upload ya, mereka bisa langsung juga ke sini, Mal pelayanan publik, Di sini kita juga siapkan scanner dan fasilitas penunjang agar tidak adanya kesulitan bagi pemohon untuk membuat SIUP dan TDP,” ucapnya.

Kalau sudah berhasil, kata dia nantinya akan ada informasi yang dikirimkan ke akun masing-masing pemohon melalui SMS.

” Jadi nantinya ada informasi kalo sudah bisa diakses melalui SMS ke masing-masing pemohon. Mereka juga dapat megecek izin mereka sampe mana. Nanti bila mana ada kekurangan akan kita informasikan ke akun tersebut, dan bila mana ada informasi siap cetak PIn bisa langsung datang ke kita ke Mal pelayanan Publik,” terangnya.

Dirinya berharap dengan adanya kemudahan ini masyarakat Kota Bekasi tidak lagi kesulitan dalam pengurusan SIUP dan TDP.

“Prosesnya sebentar kok , cuma 3 hari pemohon bisa langsung dapat validasi tersebut,dan prosesnya juga mudah bisa dilakukan online,” tuntasnya. (dyt/gob)



loading...

Feeds