Rencana Revitalisasi Pasar Cibitung Bikin Pedagang Khawatir

Beginilah kondisi Pasar Induk Cibitung yang semrawut. Pedagang dan pembeli dianggap tidak nyaman dengan kondisi pasar yang berlokasi di Kecamatan Cibitung ini.Foto:Raiza/Radar Bekasi

Beginilah kondisi Pasar Induk Cibitung yang semrawut. Pedagang dan pembeli dianggap tidak nyaman dengan kondisi pasar yang berlokasi di Kecamatan Cibitung ini.Foto:Raiza/Radar Bekasi

WAKIL Ketua II DPRD Kabupaten Bekasi, Daris, mengkritisi keberadaan pasar tradisional di Kabupaten Bekasi yang kumuh dan kurang tertata dengan baik.

Menurut politisi Gerindra ini, rencana untuk melakukan revitalisasi pasar oleh Dinas Perdagangan, selalu menjadi momok yang menakutkan bagi para pedagang, karena khawatir nilai sewanya akan lebih besar.

“Rencana perbaikan pasar tradisional di Kabupaten Bekasi saat ini masih belum jelas, Bahkan, belum ada satupun penataan pasar milik Pemkab Bekasi yang bagus,” kata Daris.

Ia mencontohkan, rencana revitalisasi Pasar Induk Cikarang yang anggarannya sudah ada dan pemenang lelang telah ditentukan, tapi proses perbaikannya juga belum terealisasi. Alasannya karena dihalang-halangi para pedagang dengan alasan harga sewa mahal.

Daris berpendapat, banyaknya pasar tradisional yang merupakan aset pemerintah daerah, seharusnya bisa menyesuaikan serta mengedepankan kepentingan rakyat untuk mencari nafkah dari berjualan di pasar tersebut.

“Saya berpendapat, sejumlah pasar tradisional yang ada saat ini harus ditata dengan baik. Meski demikian, tidak menghilangkan konteks tradisionalnya, sehingga masyarakat ke pasar itu bukan untuk melakukan proses jual beli saja melainkan juga bisa berwisata,” terangnya.

Lanjut Daris, Pemkab Bekasi perlu berinovasi dalam pengelolaan pasar tradisional, sehingga keberadaan pasar bisa menjadi icon Kabupaten Bekasi.

“Pasar tradisional itu sangat penting buat masyarakat untuk meningkatkan perekonomian rakyat,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pedagang Pasar Induk Cibitung, Rizki berharap, terkait rencana perbaikan pasar tradisonal jangan sampai merugikan pedagang yang sudah lama berjualan.

“Memang kami mendengar info bakal ada perbaikan Pasar Cibitung. Namun setelah dilakukan renovasi, harga sewa jangan terlalu tinggi,” pintanya.

(and/pj/gob)



loading...

Feeds