Diskominfostandi Akan Launching Aplikasi Bekasi Iconic Besok

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bekasi Titi Masrifahati menunjukkan aplikasi Bekasi Iconic, Selasa (13/2/2018). (Foto: GoBekasi)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bekasi Titi Masrifahati menunjukkan aplikasi Bekasi Iconic, Selasa (13/2/2018). (Foto: GoBekasi)

PEMERINTAH Kota Bekasi akan meluncurkan aplikasi Android bernama Bekasi Iconic besok, Rabu (14/2/2018). Peluncuran akan berlangsung di Taman Rusa, Kompleks Pemkot Bekasi, Bekasi Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bekasi Titi Masrifahati, menjelaskan, Bekasi Iconic merupakan 1 aplikasi yang memuat 48 aplikasi, meliputi aplikasi pengaduan, pencarian, pelayanan dan lainnya.

“Ada juga untuk permintaan bantuan, misal nomor 119 dan lain-lain. Fiturnya ada 48 dijadikan dalam 1 genggaman sehingga tidak perlu download tiap aplikasi, cukup Bekasi Iconic,” jelas Titi kepada gobekasi.co.id.

Selain itu pada aplikasi itu terdapat tombol pusat telepon 1500-44 dan juga tombol untuk pelaporan yang terkoneksi dengan pemadam kebakaran dan kepolisian.

“Juga ada tombol untuk mencari berita tentang Kota Bekasi, pengaduan warga, informasi Mal Pelayanan Publik. Untuk informasi Mal Pelayanan Publik akan dikembangkan untuk pendaftaran online,” ujarnya.

Menurut Titi, berdasarkan aplikasi pengaduan sebelumnya, 99 persen langsung direspons oleh SKPD terkait. Sistem online mempermudah penerusan aduan ke SKPD terkait yang masing-masing punya Unit Reaksi Cepat (URC).

Bekasi Iconic juga terakses e-pasar, e-magazine dan e-book, bahkan lewat aplikasi itu dapat melihat ketersediaan kasur di rumah sakit. Ada juga informasi lowongan kerja, layanan kependudukan, produk hukum dan informasi tentang event.

“Event yang digagas Pemda atau swasta akan terpampang di situ. Jadi bisa dilihat orang kota lain yang pengin ke Bekasi bisa disesuaikan waktunya,” katanya.

“Masyarakat juga bisa melaporkan saat punya event yang skalanya cukup bagus dan menarik. Dari pihak kami ada admin untuk memverifikasi apa layak muat atau tidak, ada kepastian event tepat waktu atau tidak,” sambungnya.

Lanjut Titi, Bekasi Iconic hadir untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan informasi atau pelayanan. Selain itu ia berharap tren manual masyarakat dapat beralih ke digital.

“Masyarakat juga bisa memberi masukkan karena ada menu saran-kritik untuk pelayanan Kota Bekasi dan pengembangan aplikasi ini.

“Ini khusus persembahan HUT Kota Bekasi yang ke-21,” tutupnya.

Mulai besok warga dapat menunduh aplikasi Bekasi Iconic lewat PlayStore. (adv/lea/gob)



loading...

Feeds