Penyebab Kelelahan pada Ibu Hamil

Ilustrasi. (netmum.com)

Ilustrasi. (netmum.com)

LELAH merupakan salah satu gejala yang sering terjadi saat kehamilan. Beberapa wanita mungkin bisa merasakan kelelahan sepanjang waktu, sedangkan beberapa yang lain hampir tidak mengalaminya.

Namun, kebanyakan ibu hamil akan merasa lebih lelah dibandingkan saat sedang tidak hamil.

Rasa lelah biasanya paling sering terjadi pada trimester pertama. Pada masa ini terjadi pembentukan organ utama bayi dan plasenta. Sementara itu, rasa lelah akan mereda pada trimester kedua.

Namun, kondisi ini akan muncul kembali saat memasuki trimester ketiga.

Lalu apa penyebab lelah pada ibu hamil?

Saat awal kehamilan, tepatnya trimester pertama, perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil dipercaya sebagai penyebab dari perasaan lelah. Tubuh juga bekerja lebih untuk memproduksi darah, agar bisa membawa nutrisi untuk janin, sementara kadar gula darah dan tekanan darah menurun. Hal ini bisa pula menimbulkan perasaan lelah.

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan dipercaya sebagai penyebab rasa kantuk pada ibu hamil. Selain kondisi fisik, perubahan emosi pada ibu hamil juga dapat memengaruhi penurunan energi tubuh.

Perlu diketahui pula pada kondisi tertentu, ibu hamilmemiliki keluhan mual dan muntah berlebihan. Pengeluaran cairan dari tubuh akibat muntah juga dapat memperburuk perasaan lelah pada ibu hamil. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan asupan cairan, agar tidak mengalami dehidrasi selama kehamilan. (chi/jpnn/gob)



loading...

Feeds

Ahmad Syaikhu Tinggalkan Rumah Dinas

Ahmad Syaikhu Tinggalkan Rumah Dinas

AHMAD Syaikhu hari ini mulai meninggalkan rumah dinasnya yang berada di Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Rabu (21/2/2018). Ia berkemas …