Yoga Wajah Membuat Awet Muda?

Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

OLAHRAGA bisa membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan awet muda seiring bertambahnya usia.

Kini, para ahli kulit mengatakan bahwa rejimen olahraga wajah juga bisa memiliki manfaat yang serupa.

Wanita yang mengikuti rutinitas facial yoga 30 menit beberapa kali dalam seminggu terlihat hampir tiga tahun lebih muda setelah 20 minggu melakukannya. Hal ini menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Dermatologi.

Minat yoga wajah telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar karena klaim bahwa hal itu bisa meremajakan wajah.

Hanya saja, belum ada uji klinis yang dipublikasikan untuk menilai apakah jenis latihan ini benar-benar bisa memperbaiki penampilan kulit dan fitur wajah.

Jadi, ahli kulit dan peneliti dari Northwestern University bekerja sama dengan Gary Sikorski, pencipta Happy Face Yoga, untuk menguji tekniknya pada sekelompok kecil wanita paruh baya yang ingin terlihat lebih muda.

Wanita 40-65 tahun ini memiliki atrofi wajah ringan sampai sedang atau memiliki kulit yang menipis dan kulit kendur terkait dengan kerusakan penuaan dan sinar matahari.

Peserta studi semua mengikuti dua sesi pelatihan dengan Sikorski dan mempelajari 32 latihan wajah yang berbeda yang masing-masing membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk tampil.

Mereka diinstruksikan untuk melakukan latihan ini di rumah setiap hari selama delapan minggu. Setelah itu, mereka diminta untuk terus berlatih setiap hari.

Peserta dipotret pada awal penelitian, pada titik delapan minggu dan pada akhir 20 minggu.

Setelah itu, foto-foto itu ditunjukkan kepada ahli kulit yang tidak mengetahui urutan pengambilannya. Mereka diminta untuk menilai 19 fitur wajah yang berbeda dan memperkirakan usia wanita di setiap foto.

Menurut penilaian dermatologists, pipi atas dan bawah wanita menjadi lebih kencang selama penelitian berlangsung.

“Latihan wajah memperbaiki penampilan karena memperbesar dan menguatkan otot wajah. Wajah menjadi lebih kencang,” kata penulis utama, Murad Alam, MD, wakil ketua dan profesor dermatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, seperti dilansir laman Health.

Nada otot itu penting, karena kulit kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia dan bantalan lemak di antara kulit dan otot yang memberi wajah bentuknya menjadi lebih kurus dan mulai kendor.

Membangun otot di bawahnya bisa memberi dorongan harfiah pada kulit dan menangkal beberapa efek ini.

“Dengan asumsi temuan dikonfirmasi dalam penelitian yang lebih besar, individu kini memiliki cara berbiaya rendah dan tidak beracun untuk terlihat lebih muda atau untuk menambah perawatan kosmetik atau anti-penuaan lainnya yang mungkin mereka cari,” kata Dr. Alam.

Para wanita dalam penelitian ini juga melaporkan bahwa mereka sangat puas dengan hasil latihan wajah mereka dan melihat perbaikan dihampir semua dari 19 area wajah yang dinilai oleh para ahli dermatologi.

Rutinitas ini memakan waktu dan mungkin tidak untuk semua orang. Dari 27 wanita yang awalnya terdaftar dalam penelitian ini, 11 keluar sebelum kesimpulan akhir.

Dr. Alam mengatakan latihan wajah yang sangat bermanfaat termasuk yang melibatkan pengerut dan meremas pipi.(fny/jpnn/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …