Pemkot Segera Tangani Tanggul Amblas di Cipendawa

Kondisi Jalan Cipendawa semakin terkikis akibat tingginya debit air Kali Bekasi, Kamis (8/2/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

Kondisi Jalan Cipendawa semakin terkikis akibat tingginya debit air Kali Bekasi, Kamis (8/2/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

PEMKOT Bekasi akan segera mengambil langkah menangani tanggul di Jalan Cipendawa, Kecamatan Rawalumbu yang ambles. Melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Pemkot Bekasi akan berkordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSC).

“Untuk yang di Cipendawa kita ajukan ke Kementrian Pekerjaan Umum via Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC),” kata Kepala DBMSDA Kota Bekasi, Tri Adhianto kepada Radar Bekasi.

Terkait dengan 7 wilayah di Kota Bekasi yang kebanjiran, Tri mengatakan, tingginya air tersebut disebabkan karena adanya kenaikan air yang cukup signifikan dari Bogor.

Sementara masih ada beberapa lokasi tanggul yang belum ditinggikan.

’’Dan yang terjadi juga, memang rumah warga berada di bantaran sungai yang merupakan bagian dari garis sepadan sungai,” ujarnya.
Dia menjelaskan, pihaknya berencana melakukan penertiban bangunan di bantaran sungai. Kemudian, merelokasi warga yang ada di bantaran dengan menyiapkan rumah susun.

Pihaknya juga akan memperlebar kapasitas Kali Bekasi dengan melakukan normalisasi dan rehabilitasi lalu memperkuat tanggul dan meninggikan tanggul yang masih rendah. Dan, membangun folder di beberapa perumahan di sepanjang Kali Bekasi.

Selanjutnya, sambung Tri, juga akan melakukan penyelesaian folder di Kali Cikeas dan bekerja sama dengan Pemkab Bogor. Lalu pembangunan long storage Siti Rahwani.

“Dan, optimalisasi kinerja pintu bendung Presdo. Saat ini, pintu tiga mengalami kerusakan,” tutupnya.

(adv/neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …