RSUD Kota Bekasi Buka Layanan Kesehatan Gratis

RSUD Kota Bekasi. Foto: Dokumentasi/GoBekasi

RSUD Kota Bekasi. Foto: Dokumentasi/GoBekasi

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi, membuka layanan kesehatan gratis hanya dengan persyaratan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada seluruh warga setempat yang belum terfasilitasi Kartu Bekasi Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KBS-NIK).

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Kota Bekasi Tri Sulistianingsih, menjelaskan kalau layanan yang dapat diakses secara gratis itu meliputi penebusan obat, rawat inap, rawat jalan, dan lainnya.

“Saat ini bagi pasien yang tidak memiliki KS pada saat mendaftarkan diri akan diberikan surat perjanjian rawat jalan sabagai rekomendasi layanan dan sebagai jaminan kelengkapan administrasi untuk mendapatkan pelayanan,” katanya, Kamis (8/2/2018).

Menurut Tri, kebijakan itu sebagai kompensasi atas keterlambatan pencetakan Kartu Sehat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip).

Pihaknya mengimbau bagi warga Kota Bekasi yang belum memiliki KBS-NIK bisa langsung menggunakan KTP apabila ingin berobat ke RSUD Kota Bekasi.

KBS-NIK adalah program subsidi kesehatan yang dijalin oleh Pemerintah Kota Bekasi dan DPRD setempat sejak 2017 melalui alokasi dana operasional sebesar Rp200 miliar lebih pada 2018.

“Jadi, apabila ada masyarakat ber-KTP Kota Bekasi sakit semua pembiayaan dibiayai oleh Pemerintah Kota Bekasi yang bekerja sama dengan 46 Rumah Sakit swasta di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan DKI Jakarta,” tutur Tri.

Pihaknya mencatat, saat ini Pemkot Bekasi telah mencetak sebanyak 297.000 keping KBS-NIK yang di dalamnya terdapat 1.014.000 jiwa masyarakat yang memperoleh fasilitas kesehatan gratis dari total 2,6 juta jiwa warga setempat.

Sampai saat ini, jumlah warga yang telah terfasilitasi pembiayaan pelayanan kesehatan KS yang terekam dalam Surat Jaminan Pengobatan (SJP) mencapai 139.000 jiwa. (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …