Kota Bekasi Bantu Pengentasan Banjir di Kabupaten

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Tri Adhianto Tjahyono, meninjau lokasi terorongan dalam tol, Bekasi Timur, Kamis (8/2/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Tri Adhianto Tjahyono, meninjau lokasi terorongan dalam tol, Bekasi Timur, Kamis (8/2/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

DINAS Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kota Bekasi menyelesaikan pembangunan terowongan di bawah Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Kali Malang di sekitar Grand Dhika City, Bekasi Timur. Terowongan itu berfungsi sebagai saluran air pengendali banjir.

Kepala Dinas Bina Marga dan SDA, Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, terowongan sepanjang 59 meter di bawah tol dan 48 meter di bawah Kali Malang dibangun dengan dana APBD sebesar Rp20 miliar, dan bantuan dari Provinsi Jawa Barat Rp10 miliar.

Terowongan atau crossing itu merupakan duplikasi dari crossing sebelumnya. Saat ini ada dua crossing di bawah tol dan Kali Malang. Adapun yang sudah eksisting kapasitasnya 1,3 meter kubik per detik, sedangkan yang baru 3,1 meter kubik per detik.

“Pekan depan sudah bisa dimanfaatkan, sekarang tinggal merapihkan. Crossing yang baru lebarnya tiga meter, tingginya dua meter,” kata Tri, Kamis (8/2/2018) pada kegiatan persemian.

Ia menjelaskan, crossing untuk menanggulangi banjir di Perumahan Taman Narogong, Pondok Hijau Permai, permikiman di Pengasinan, termasuk Perumahan Jatimulya di Kabupaten Bekasi.

Perumahan Jatimulya di Kabupaten Bekasi juga ikut merasakan dampaknya karena letak geografisnya berdekatan dengan Kecamatan Rawalumbu.

“Aliran dari hulu akan semakin lancar, sehingga tak sampai terjadi genangan di wilayah hulu. Apalagi di Pengasinan sudah ada polder air,” kata Tri.

Menurut dia, sistem kerja terowongan itu manual berdasarkan tekanan air yang masuk. Air dari daerah aliran sungai Sasak Jarang akan mengalir sampai ke hilir di Kali CBL, Kabupaten Bekasi. (adv/kub/gob)

 



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …