Ribuan TKK Kota Bekasi Terancam Tak Dapat Honor

Ratusan guru kembali seruduk balai Walikota Bekasi, Senin (20/02/2017) untuk menanyakan soal keganjalan dalam proses pengangkatan TKK. FOTO: Muhammad Yakub/GoBekasi

Ratusan guru kembali seruduk balai Walikota Bekasi, Senin (20/02/2017) untuk menanyakan soal keganjalan dalam proses pengangkatan TKK. FOTO: Muhammad Yakub/GoBekasi

SEBANYAK 5.151 honor Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di Kota Bekasi terancam tidak mendapat honor di hingga Februari 2018. Soalnya, surat ketetapan (SK) ribuan TKK itu belum terbit hingga saat ini.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bekasi, Sopandi Budiman mengatakan, pihaknya belum menerima SK ribuan TKK itu dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) yang menaungi pegawai.Menurut dia, pencairan honor TKK tergantung dari penerbitan SK tersebut.

“Dananya sudah ada dan siap dicairkan. Untuk alokasinya mencapai Rp 390 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD),” kata Sopandi, Rabu (31/1/2018).

Sopandi menjelaskan, besaran gaji TKK disesuaikan tingkat kelulusan yang bersangkutan, dari sarjana satu (S1) dan SMA. Namun kisarannya dari Rp3,5 juta sampai Rp3,9 juta per bulan.

Sopandi mengaku, belum mengetahui adanya penambahan jumlah TKK tahun 2018. Sebab, kewenangan pekerja kontrak semuanya sudah diambil alih Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Namun porsi TKK yang paling banyak berada di Dinas Pendidikan dengan bekerja sebagai guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi mengatakan, alokasi dana TKK paling besar berada di dinasnya. Dari Rp390 miliar, Dinas Pendidikan mendapat alokasi dana Rp125 miliar.
“Soalnya, jumlah tenaga kontrak di dinasnya paling banyak dibanding dinas lain,” kata Ali.

Namun demikian, penyebutan TKK kini diubah menjadi Guru Tenaga Kependidikan (GTK). Perubahan nama menyangkut dengan pekerjaan guru yang dilandasi pendidikan keahlian.

“Berbeda dengan pegawai TKK di OPD lain yang tidak dilandasi pendidikan keahlian,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds