Daerah Aliran Sungai Bakal Dijadikan Etalase Perumahan

Ilustrasi. (Foto: Jawapos)

Ilustrasi. (Foto: Jawapos)

KEPALA Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Tri Adhianto Tjahyono, mengatakan bahwa saat ini instansinya sedang menggagas program penataan Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai etalase perumahan dan permukiman warga mulai tahun ini.

Program itu menjadi gagasannya untuk merubah kebiasaan masyarakat Kota Bekasi yang membuang sampah sembarang sehingga menyebabkan banjir dan merusak estetika kota.

“Kebiasaan warga harus dirubah mulai dari sekarang, ini sekaligus sebagai upaya kami untuk menta kawasan,” kata pria yang telah terdaftar menjadi bakal calon wakil wali kota Bekasi sebagai pendamping Petahana Rahmat Effendi, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya, upaya menjadikan DAS sebagai etalase perumahan warga akan digarap didahului dengan melakukan restorasi sungai. Kegiatan restorasi itu, meliputi normalisasi sungai, penguatan tanggul, pedestrian hingga pembuatan taman dan pagar pengaman di bantaran sungai.

“Kalau saat ini sungai berada di belakang perumahan dan kondisinya tidak terawat, maka nantinya sungai-sungai di Kota Bekasi akan kita tata untuk difungsikan sebagai etalase perumahan yang bisa menumbuhkan perhatian warga untuk merawatnya,” ujarnya.

Tri meyakini, konsep etalase sungai itu bisa mengubah kebiasaan negatif masyarakat dalam membuang sampah sembarangan yang berpotensi mengakibatkan penyempitan arus dan banjir akibat luapan.

“Program ini juga menjadi upaya kita dalam mengantisipasi banjir akibat luapan air sungai,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds