30 Ribu Warga Kota Bekasi Terjangkit ISPA

Iustrasi

Iustrasi

SEBANYAK 30 ribu warga Kota Bekasi tercatat sebagai penderita penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). ISPA menjadi jumlah terbanyak dari sejumlah penyakit yang ada.

“Penderita ISPA lebih dominan ketimbang penyakit lainnya, di atas 30 ribu warga menderita penyakit itu,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, Sabtu (20/1/2018).

Dezi menjelaskan, ISPA menyerang masyarakat umum, baik anak-anak dan orang dewasa. Penyakit ini tentu tidak datang secara tiba-tiba

Ia juga menyebut penyakit ISPA juga menyerang kepada kelompok umur yang bervariasi, yakni dari anak-anak hingga dewasa. Penyebabnya berasal dari polusi udara, asap knalpot kendaraan, asap rokok, asap kebakaran hutan, dan lain-lain.

Namun, khusus di Kota Bekasi, ia menyebut yang menjadi penyebab dominan adalah asap kendaraan, mengingat jumlah kendaraan di Kota Bekasi yang semakin banyak.

Dinkes Kota Bekasi juga mencatat beberapa penyakit lainnya yang masih tergolong sepuluh besar penyakit yang paling banyak diderita warga Bekasi.

Penyakit yang berkaitan dengan gigi menduduki puncak kedua setelah ISPA dengan jumlah penderita yang tercatat Dinkes sebanyak lebih dari 20 ribu orang.

Pernyakit-penyakit berikutnya adalah penyakit dyspepsiayakni penyakit gangguan daerah penelanan, nasofaringitis akut, faringitis akut,hipertensi, miyelgia (sakit kepala), ISPA lainnya, demam yang tidak diketahui penyebabnya, dan penyakit diabetes.

“Semua penyebabnya rata-rata disebabkan karena pola hidup yang kurang baik,” ujarnya.

Ia mencontohkan penyakit hipertensi dan diabetes dialami karena pola makan yang tak sesuai.

Orang-orang saat ini kebanyakan butuh makanan yang praktis, seperti junk food yang tinggi garam dan cenderung tak memilih makanan karena sibuknya aktivitas sehari-hari.
Dengan pola makan yang seperti itu, maka masyarakat lebih rentan terjangkit penyakit. Dan kedua penyakit itu merupakan penyakit yang bukan menular. Namun, murni akibat dari pola hidup yang tak ideal.

(neo)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …