Uji Kir, Dishub Kabupaten Bekasi Gandeng Calo?

ANTRE : Kendaraan yang ingin uji KIR di kantor Dishub Kabupaten Bekasi kerap mengular. Ariesant/RADAR BEKASI

ANTRE : Kendaraan yang ingin uji KIR di kantor Dishub Kabupaten Bekasi kerap mengular. Ariesant/RADAR BEKASI

DINAS Perhubungan dituding berkerja sama dengan para calo dalam pengurusan pembayaran uji kir, sehingga pembayaran uji kir bagi yang melakukan pengecekan kendaraan setiap 6 bulan sekali harganya melambung tinggi.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Taih Minarno saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Perhubungan, Desa Cikarang Kota, Cikarang Utara, Kamis (18/1/2018).

Saat dirinya mempertanyakan kepada calon penguji kir kendaraan, ia menerima laporan dari para penguji kir. Apabila hendak uji kir, diarahkan melalui perantara untuk mempermudah pengujian dan demi kelolosan kendaraan.

”Ini tidak boleh dibiarkan, aparat hukum harus turun tangan. Karena sama saja Dishub memelihara para calo untuk kepentingan pribadi dan kelompok. Namun merugikan masyarakat,” ujar Taih disela kegiatan sidak.

Kata Taih, sesuai informasi yang diterima dari penguji kir kendaraan. Mereka harena harus lewat calo, sehingga membayar hingga Rp400 ribuan untuk kemulusan serta kecepatan dalam pengurusan. _lPadahal apabila diurus langsung, biayanya hanya berkisar Rp70 ribuan untuk retribusi.

”Ini bakal kami tindaklanjuti dengan memanggil kepala dinas serta pejabat terkait untuk diklarifikasi permasalahan tersebut, karena pemerintah Kabupaten Bekasi sudah memberikan pelayanan public secara nyaman dan cepat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Angkutan Umum Dinas Perhubungan, Kuncoro mengakui tidak mengetahui hal adanya pengurusan uji kir harus melalui perantara.

”Kebetulan kepala dinas sedang tidak ada, lagi keluar kota dinas luar sama bagian Pengujian Kendaraan Bermotor. Jadi yang membidangi masalah kir sedang tidak ada. Karena kebetulan saya juga pemangku jabatan di dishub, maka dari  itu kita yang menemui saat dewan sidak,” tuturnya. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …