Gaji Pesapon Kota Bekasi Jadi Rp3,1 Juta

Wali Kota Bekasi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Walikota bekasi tentang Penggunaan Tenaga Kerja di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumat (19/1/2018). Foto: Istimewa/Gobekasi

Wali Kota Bekasi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Walikota bekasi tentang Penggunaan Tenaga Kerja di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumat (19/1/2018). Foto: Istimewa/Gobekasi

SEBANYAK 1600 pesapon Kota Bekasi menyambut gembira dengan kenaikan gaji mereka pada tahun ini. Betapa tidak, gaji pesapon yang semula hanya Rp2,5 juta menjadi Rp3,1 juta per bulan mulai tahun 2018.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, mengatakan bahwa besaran gaji tahun lalu tidak sesuai lagi dengan kondisi ekonomi saat ini. Maka dari itu, katanya, perlu adanya kenaikan.

Rahmat mengatakan, sejatinya gaji harus terus mengalami perubahan, perubahan itu tentunya bukan pengurangan. Namun, kenaikan sognifikan sesuai kebutuhan ekonomi yang ada.

“Tahun 2019 harus bisa naik kembali, minimal setara dengan UMK di Kota Bekasi” ujarnya dihadapan ribuan Pesapon Kota Bekasi di plaza Pemkot Bekasi, Jumat (19/1/2018) yang disertai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Walikota bekasi tentang Penggunaan Tenaga Kerja di lingkungan  Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi .

Dismping itu, Rahmat juga memerintahkan kepada Dinas Lingkungan hidup agar para Pesapon mendapatkan asuransi keselamatan kerja dan asuransi kesehatan dengan didaftarkan menjadi pesert BPJS Ketenagakerjaan. Sementara untuk jaminan kesehatan dapat menggunakan Kartu Sehat.

Hal itu menurutnya, agar para Pesapon ini dapat bekerja dengan rajin dan tentunya dengan semangat yang tinggi. Karena, Pemerintah Kota Bekasi sudah memberikan jaminan kesehatan dan juga jaminan keselamatan kerja.

Rahmat juga meminta agar Dinas LH dapat memikirkan penambahan seragam kerja para Pesapon tersebut. Sebab, kata dia, kerja para Pesapon ini kebanyakan dilapangan dan tidak dimungkin menggunakan satu seragam untuk digunakan berhari-hari.

Rahmat sangat berterimakasih kepada para Pesapon Kota Bekasi yang mana bekerja sejak subuh hingga tengah malam untuk membersihkan jalanan ataupun sampah-sampah.

Ia beranggapan bahwa para Pesapon Kota Bekasi merupakan garda terdepan untuk kebersihan Kota Bekasi.

“saya agak sulit melihat sampah lagi di Kota Bekasi. Dengan ditingkatkannya kesejateraan dan diberikannya jaminan kesehatan ini saya beraharp para pesapon dapat lebih meningkatkan kinerjanya kedepan,” tuturnya.

Sementara itu, Usep (40 ),  salah seorang Pesapon yang sudah bekerja selama 7 tahun merasa senang dan bahagia atas pengkatan kesejahteraan pada tahun ini.

“Tahun lalu Rp2,5 juta, tahun ini jadi Rp3,1 juta saya senang sekali,” tandasnya. (adv/hms)



loading...

Feeds