Dispora Minta Stadion Patriot Tak Digunakan Sebagai Test Event Asian Games 2018

(Ilustrasi) Gedung Parkir Stadion Patriot Chandrabhaga yang menjadi salah satu titik parkir dari 4 lokasi parkir yang disediakan panitia Zakir Naik Indonesia Visit 2017 di Bekasi. Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/GoBekasi

(Ilustrasi) Gedung Parkir Stadion Patriot Chandrabhaga yang menjadi salah satu titik parkir dari 4 lokasi parkir yang disediakan panitia Zakir Naik Indonesia Visit 2017 di Bekasi. Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/GoBekasi

DINAS Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi meminta agar Stadion Patriot Candrabhaga urung digunakan sebagai salah satu lokasi penyelenggara Test Event Asian Games 2018. Hal ini dikarenakan akan dilakukannya rehabilitasi total pada lapangan sepakbola di Stadion Patriot Candrabhaga.

“Selama dilakukannya rehabilitasi, Stadion Patriot Candrabhaga tidak memungkinkan dijadikan lokasi pagelaran event olahraga apa pun, sehingga kami minta rencana penggunaannya sebagai salah satu lokasi test event Asian Games dibatalkan,” katanya, Jumat (12/1/2018).

Semula menurut rencana, test event Asian Games akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga pada pertengahan Februari 2018. Selain Stadion Patriot Candrabhaga, agenda yang sama juga akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Gelora Bandung Lautan Api, dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Menurut Tedi, rencana rehabilitasi lapangan sepakbola Stadion Patriot Candrabhaga akan mulai digulirkan mulai Januari 2018 dengan pelaksana di bawah koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Rehabilitasi lapangan dilakukan dengan mengangkat seluruh rumput lapangan sepakbola dan menggantinya dengan rumput baru. Jika semula digunakan rumput jenis Bermuda, Brazil, maka kini yang akan dipakai ialah jenis Zoysia matrella.

Rumput yang juga digunakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu disebut-sebut kualitasnya lebih baik dan menghasilkan lapangan rumput yang lebih tebal.

“Sampai benar-benar rampung penggantian rumputnya, diperkirakan pada Mei 2018. Selama masa itu tidak diperkenankan digunakan supaya saat hari H penyelenggaraan Asian Games, bagus hasilnya,” katanya.

Selain rehabilitasi lapangan sepakbola, akan dilakukan juga perbaikan saluran drainase di lapangan sepakbola juga sekitar stadion agar saat hujan deras mengguyur tidak muncul genangan air. Kemudian kekuatan penerangan pun akan ditingkatkan, dari semula lampu 1.600 lux menjadi 2.000 lux.

“Selain itu, fasilitas penunjang lain semisal penambahan AC juga wifi serta kolam berendam di ruang ganti pemain akan ikut dilengkapi,” katanya.

Perihal permohonan tidak dipergunakannya Stadion Patriot Candrabhga ini sudah disampaikan kepada Kementerian Pemuda Olahraga. Permohonan merupakan saran dari Kementerian PUPR selaku pelaksana proyek rehabilitasi stadion. (kub/gob)



loading...

Feeds

Serikat Pekerja Tolak Penghapusan UMSK

Serikat Pekerja Tolak Penghapusan UMSK

PERWAKILAN Serikat buruh dalam Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi menolak penghapusan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK). Mereka meminta supaya pembahasan UMSK …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

YAYASAN Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memperingatkan aktivitas belanja online merupakan transaksi yang rawan pelanggaran terhadap hak-hak konsumen. Dalam catatan YLKI, …