Uber, Tren Mobilitas dan Potensi Ride Sharing

Ilustrasi. (Foto: Jawa Pos)

Ilustrasi. (Foto: Jawa Pos)

UBER merilis data menarik mengenai tren mobilitas selama 2017 bertajuk Year with Uber. Hal tersebut disampaikan Corporate Communication Lead Uber Indonesia Randy Salim, Kamis (11/1/2018).

Uber mencatat sejumlah tren perjalanan menarik pada tahun 2017. Seperti pukul 17.00 WIB adalah waktu yang Uber paling sering dipesan di Indonesia.

“Di Bali, waktu ketika Uber paling banyak dipesan adalah pukul 6 sore. Uber di Bandung paling banyak memesan Uber pukul 11.00 siang,” katanya.

Lanjutnya, warga Manado paling banyak memesan Uber pukul 23.00 WIB.

“Untuk hari dengan tingkat pemesanan yang paling tinggi adalah Jumat. Kebanyakan warga Indonesia kerap mengandalkan Uber untuk berakhir pekan,” jelasnya.

makin gampang akses berita gobekasi.co.id, yuk install aplikasinya di sini

Namun, lanjut Randy, untuk hari tersibuk untuk Uber di Jakarta adalah Rabu. Sedangkan Minggu untuk Surabaya.

Uber juga menyoroti kemacetan yang semakin memburuk dan mengampanyekan ridesharing (berbagi tumpangan) dengan tagar #UnlockingCities.

Uber Indonesia

Corporate Communication Lead Uber Indonesia Randy Salim saat menjelaskan tentang Uber di kantor gobekasi.co.id, Kamis (11/1/2018). (Foto: GoBekasi)

“Tiap tahun warga di Asia kehilangan 13 hari dalam setahin karena terjebak kemacetan. Warga Jakarta membuang 22 hari dalam setahun karena macet dan mencari parkir,” papar Randy.

Uber juga mengkaji dampak penggunaan mobil pribadi serta potensi manfaat adopsi konsep ridesharing secara lebih luas bagi kota-kota di Asia.

“Kajian tersebut menemukan bahwa kita tidak menggunakan mobil kita secara efisien pada jam-jam sibuk di Jakarta. Terdapat 50 persen mobil lebih banyak dari yang bisa ditampung oleh jalanan dan 50 persen mobil hanya mengangkut 1 orang,” ujarnya.

Sambung Randy, kajian itu menyebutkan Jakarta mendapatksn manfaat signifikan dari ridesharing untuk membatasi jumlah kendaraan, membantu pemerintah mengoptimalisasi waktu investasi untuk infrastruktur dan menawarkan tambahan penghasilan yang fleksibel. (dam/gob)



loading...

Feeds

Serikat Pekerja Tolak Penghapusan UMSK

Serikat Pekerja Tolak Penghapusan UMSK

PERWAKILAN Serikat buruh dalam Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi menolak penghapusan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK). Mereka meminta supaya pembahasan UMSK …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

YAYASAN Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memperingatkan aktivitas belanja online merupakan transaksi yang rawan pelanggaran terhadap hak-hak konsumen. Dalam catatan YLKI, …