Sejumlah Kendala Perluasan TPU Perwira

(Ilustrasi) Warga berziarah ke makam keluarganya di TPU Perwira, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Saat ini pemakaman tersebut kondisinya sudah overload, Kamis (4/12/2014). FOTO: GoBekasi

(Ilustrasi) Warga berziarah ke makam keluarganya di TPU Perwira, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Saat ini pemakaman tersebut kondisinya sudah overload, Kamis (4/12/2014). FOTO: GoBekasi

PEMERINTAH Kota Bekasi kesulitan untuk melakukan pembebasan lahan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Perwira, Kecamatan Bekasi Utara.

Padahal, rencananya Pemkot Bekasi pada tahun 2018 ini akan memperluas lahan TPU seluas 3,2 hektar yang biayanya mencapai sekitar Rp 64 miliar. Kota Bekasi kekurangan dana sekitar Rp 55 miliar untuk urusan pembebasan lahan itu.

Saat ini, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispkermintan) Kota Bekasi hanya mampu menganggarkan dana sekitar Rp9 miliar untuk pembebasan lahan. Jumlah ini dinilai sangat terbatas.

“Biayanya cukup tinggi karena warga di sana menjual lahannya sekitar Rp2 juta per meter,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TPU pada Disperkimtan Kota Bekasi, Yayan Sopian, Selasa (9/1/2018).

Yayan menjelaskan, kini kapasitas pemakaman di TPU Perwira semakin terbatas. Keadaannya sudah sangat padat meskipun luas lahan di sana mencapai 11 hektare.

Dari jumlah itu, lahan itu sudah terisi sekitar 30.000 makam, dengan catatan 70 persen di antaranya sudah bertumpang atau bertumpuk tiga jenazah.

“Ahli waris yang ingin memakamkan kerabatnya di TPU Perwira, sementara kita alihkan dulu ke TPU Pedurenan di Mustikajaya yang luasnya masih 12 hektar, TPU Jatisari di Jatiasih 12 hektar dan TPU Sumurbatu 38 hektar. Di sana masih sangat luas,” katanya.

Menurutnya, rencana perluasan TPU Perwira sudah bergulir sejak tahun 2016. Namun, Pemerintah kesulitan mencari lahan.

Kebanyakan lahan yang tersedia hanya berkisar antara 300-1.000 meter persegi padahal pemerintah berniat membuka blok baru TPU Perwira.

“Harusnya kita buka blok baru, namun jarang ada lahan yang memenuhi syarat, kalaupun ada harganya amat tidak terjangkau,” kata Yayan. (kub/gob)



loading...

Feeds

Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …