Panwaslu Bekasi Luncurkan Pojok Pengawasan Partisipatif

Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto (baju putih) bersama rekan di Pojok Pengawasan Partisipatif (PPP), Senin (8/1/2018). (Foto: Ist)

Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto (baju putih) bersama rekan di Pojok Pengawasan Partisipatif (PPP), Senin (8/1/2018). (Foto: Ist)

GUNA meningkatkan keterbukaan informasi seputar pemilu, baik Pilkada, Pilgub, Pileg, dan Pilres untuk masyarakat.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bekasi meluncurkan ruang publik bernama Pojok Pengawasan Partisipatif.

Dirinya menyampaikan, Pojok Pengawasan Partisipatif dibuka di 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

“Informasi kepemiluan tersebut bisa mencakup tentang persoalan-persoalan berupa politik uang, kampanye ilegal, gugatan hukum pemilu, dan lainnya. Secara langsung pihak panwaslu akan memfasilitasi masyarakat untuk berdiskusi,” ujar Ketua Bawaslu Jawa Barat Harminus Koto, Senin (1/8/2018).

Bukan hanya itu, dengan berdirinya Pojok Pengawasan Partisipatif nantinya masyarakat bisa mencegah sebelum ada pelanggaran-pelanggaran.

“Jadi tempat ini jadi media pengawasan dan masyarakat yang independen tidak berpihak ke manapun bisa menggunakan tempat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Bekasi Novita Ulya Hastuti mengatakan dirinya berharap Pojok Pengawasan Partisipatif menjadi wadah partisipasi masyarakat pada pemilu.

“Nantinya kami akan segera mensosialisasikan kepada masyarakat, guna memberitahukan juga ada Pojok Pengawasan Partisipatif, dan bisa memberikan informasi kepada masyarakat secara terbuka mengenai Pemilu,” pungkasnya.

Pojok Pengawasan Partisipatif terletak di Kantor Sekretariat Panwaslu Kota Bekasi, Jalan Mayor Hasibuan Nomor 4, RT 005 RW 08, Margahayu, Bekasi Timur. (dyt/gob)



loading...

Feeds