Transpatriot Disiapkan Bakal Lintasi 12 Kecamatan Kota Bekasi

Salah satu unit uji coba Transpatriot. Foto: Instagram Syaikhu_ahmad_

Salah satu unit uji coba Transpatriot. Foto: Instagram Syaikhu_ahmad_

WALI KOTA Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan soal moda transportasi massal Transpatriot yang bakal mengaspal di sekitar Kota Bekasi.

Menurut pria yang biasa disapa Pepen ini, wilayahnya yang sangat padat dan macet ini sangat membutuhkan transportasi yang memang bisa membawa masyarakat secara massal. Hanya saja, kata dia, perlu sosialisasi yang baik agar tidak bersinggungan dengan kepentingan angkutan umum yang ada.

Rencananya, pemerintah mengalokasikan dana subsidi sebesar Rp3500 per penumpang bagi operasional Bus Transpatriot dari tarif normal Rp7000, sehingga penumpang hanya dibebani tarif Rp3500.  Namun untuk ujicoba Transpatriot masih digratiskan hingga kini.

Menurutnya, besaran tarif tersebut dihitung berdasarkan jarak tempuh, biaya perawatan armada serta operasional operator.”Kedepanya kita ajukan ke pemerintah untuk penambahan jumlah bus sedang ini untuk mengisi trayek-trayek lain,” tegasnya.

Saat ini, kata dia, pemerintah telah menyiapkan pembangunan 19 buah halte yang tersebar di 12 Kecamatan se-Kota Bekasi dengan kucuran anggaran dari Anggaran Pengelolaan Belanja Daerah (APBD).

Pepen menjelaskan, transportasi masal ini sebagai solusi angkutan umum yang nyaman, aman serta tarif terjangkau bagi warga Kota Bekasi dan sekitarnya. Sehingga, warga memilih menggunakan tranportasi masal ini daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Selanjutnya untuk ‘grand design’ dari operasional Transpatriot adalah menjadi angkutan umum pengumpan yang terintegrasi dengan jaringan Tranjakarta dan kawasan bisnis di Kota Bekasi. Rencananya, trayeknya akan diperluas dengan menyasar koridor Tranjakarta.

(Baca juga: Transpatriot Beroperasi, 10.000 Unit Angkot akan Diatur Ulang)

Dia berharap, Transpatriot dapat menjadi solusi kemacetan, kemudahan dan kenyamanan berkendaraan dalam Kota Bekasi.

Seperti diketahui Transpatriot diluncurkan 17 Desember 2017 sebanyak 3 unit dari 9 unit yang disiapkan. Saat ini Transpatriot melayani jalur 2 terminal yakni Bekasi dan Harapan Indah trayek Jalan Cut Mutia, Ahmad Yani, Sudirman dan Jalan Sultan Agung.(lea/gob)

 

 

 



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …