Transpatriot Beroperasi, 10 Ribu Unit Angkot Bekasi Akan Diatur Ulang

Bus Trans Patriot. (Foto: Raiza/GoBekasi)

Bus Trans Patriot. (Foto: Raiza/GoBekasi)

KOTA Bekasi terus berbenah menyelesaikan persoalan yang muncul di tengah masyarakat, salah satunya kemacetan. Pemerintah Kota Bekasi baru-baru ini meluncurkan moda transportasi massal Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Transpatriot.

Transpatriot yang diluncurkan 17 Desember 2017 lalu, digadang-gadang bakal mengurai kemacetan dalam Kota Bekasi yang belakangan terus meningkat. Saat peluncuran beberapa pejabat terkait menjelaskan unit yang beroperasi sementara baru berjumlah 9 unit melalui 2 terminal yakni, Bekasi dan Harapan Indah.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, selambatnya pengoperasian Transpatriot paling lambat pada Februari mendatang, soalnya operatornya dilakukan BUMD.”Masih kita bentuk BUMDnya,” tambahnya.

Yayan mengakui, pemerintah baru sebatas sosialisasi kepada masyarakat, bahwa sudah ada angkutan massal yang mirip dengan Transjakarta di DKI Jakarta. Bahkan, Transpatriot bagian dari peremajaan angkutan umum di wilayah setempat.

Sementara moda transporasi Angkot kata Yayan, akan dilakukan pengaturan ulang karena sudah melampaui batas alias overload.

“Jumlah angkot yang beroperasi dengan 100 trayek dianggap sudah overload. Catatan Dewan Transportasi Kota Bekasi, jumlah angkot hampir mencapai 10.000 unit, overload hingga 50 persen. Kami sedang berupaya menginstal (mengatur,red) ulang sistem transportasi di Kota Bekasi,” katanya.

Perlu diketahui, pemerintah mengujicoba 3 bus untuk digunakan hingga akhir tahun 2017. Sedangkan tahun ini, akan dioperasikan sebanyak 9 bus Transpatriot untuk melayani tranportasi warga hingga persyaratan operasional sudah terpenuhi. (lea/gob)

 



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …