Siap-siap… Terobos Perlintasan Kereta Bakal Ditilang

Sejumlah kendaraan melintas di perlintasan kereta api ilegal tanpa palang pintu di Jalan Pahlawan, Bulak Kapal, Bekasi Timur. Foto: Raiza Septianto/Radar Bekasi

Sejumlah kendaraan melintas di perlintasan kereta api ilegal tanpa palang pintu di Jalan Pahlawan, Bulak Kapal, Bekasi Timur. Foto: Raiza Septianto/Radar Bekasi

PERLINTASAN kereta api tanpa palang pintu dinilai rawan bagi keselamatan pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat yang melintas. Apalagi, telah ada sejumlah kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Kota Bekasi.

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, Kompol I Nengah mengatakan, dengan masih adanya perlintasan yang tidak memiliki palang pintu resmi maka masyarakat harus memiliki kesadaran dalam berkendara.

“Rawan, sebetulnya harus ada palangnya semua, dengan kondisi yang ada sekarang masyarakat harus banyak pelajaran ya, banyak kejadian–kejadian. Itu kan fatal sekali, senggol sedikit saja tangan patah, apalagi sampai telak,” katanya saat ditemui, Kamis (4/1/2018).

Kata dia, pihaknya berencana untuk mengambil tindak tilang kepada pengendara yang masih nekat menerobos palang pintu perlintasan kereta api.

“Bisa seperti itu, kita menghimbau metode pencegahannya sudah ada, tinggal tindak hukum, karena memang fatalitasnya tinggi,” ujarnya.

Namun demikian, jika melihat kondisi saat ini, dikatakan Nengah, pihaknya belum dapat menerjunkan personil di setiap palang pintu perlintasan kereta api.

“Kalau khusus disana sementara ini belum ada. Cuma kita bisa melakukan kegiatan itu random ya waktunya, dengan kekuatan yang memang kita tebatas juga, kalau khusus kesana sementara belum ada. Iya (akan ada razia), waktunya tentu kita random aja, ya kita lebih kepada pencegahan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, yang paling berperan dalam mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api ialah kesadaran masyarakat.

“Mohon maaf yang melintas di rel kereta segala macem kemungkinan besar dari segi pendidikannya masih kurang,” tuturnya.

Kendati demikian, ia mengaku akan mebicarakan perihal masih adanya perlintasan kereta api tanpa palang pintu yang dijaga oleh masyarakat sipil kepada dinas terkait.

“Kalau perlintasan resmi kan dari PT KA (Kereta Api). Lebih kepada nanti pada saat rapat kita akan sampaikan juga kepada dinas terkait,” ujarnya.

(neo/rbs/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …