PKS, Gerindra, PAN Jajaki Koalisi: Netty Heryawan-Abdul Muin?

Ilustrasi pilkada. (Foto: Jawa Pos)

Ilustrasi pilkada. (Foto: Jawa Pos)

WACANA terbentuknya koalisi antara PKS, Gerindra dan PAN di Kota Bekasi pada Pilkada 2018 ini kian kuat. Di tengah kabar tersebut, muncul sejumlah nama yang kemungkinan diusung sebagai kandidat. Mulai dari Istri Gubernur Jawa Barat, Netty Heryawan (PKS), Anggawira (Gerindra), Abdul Muin Hafied dan Lucky Hakim (PAN).

Dari tiga nama yang ada, nama Netty Heryawan paling santer dikabarkan maju sebagai calon Wali Kota Bekasi. Lalu, siapa kira-kira figur yang pas mendampingi Netty, jika benar koalisi PKS, Gerindra dan PAN terbentuk.

Kader PAN Kota Bekasi, Afrizal Reza saat dimintai keterangan mengatakan, sosok Abdul Muin dirasa paling pas masuk bursa pendamping Netty Heryawan kendati partai sudah mengusulkan nama Lucky Hakim ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Barat maupun Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Kalau menurut saya Pak Abdul Muin layak untuk dicalonkan. Meskipun pada kenyataanya Lucky Hakim yang saat ini diusulkan partai ke DPW maupun DPP,” katanya, Kamis (4/1/2018).

Yang terpenting kata pria yang akrab disapa Reza, dalam mengusulkan kandidat, koalisi harus objektif dan tidak bisa mengedepankan ego.

“Kalau mau objektif, kader PAN cukup dikenal oleh masyarakat Kota Bekasi. Baik itu Lucky atau Pak Muin,” tandasnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Islam 45 Bekasi, Adi Susila mengatakan, bisa saja koalisi PKS, Gerindra dan PAN terbentuk di Kota Bekasi. Bahkan menurutnya, potensi koalisi tersebut menang di Kota Bekasi cukup besar.

“Koalisi bisa saja terjadi. Kalau untuk menang peluangnya ada. Apalagi kalau nanti calonnya ada tiga pasang seperti di DKI kemarin,” katanya.

Abdul Muin merupakan anggota DPRD Kota Bekasi dari fraksi PAN yang sudah menjabat dua periode sampai saat ini. Di DPRD Kota Bekasi kontribusi Muin juga luar biasa. Tahun 2017 misalnya, DPRD Kota Bekasi berhasil menyelesaikan 20 peraturan daerah atau seratus persen dari target. Ini tentu tidak lepas dari peran Muin selaku Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bekasi.

Sementara itu, di daerah pemilihannya yakni Bekasi Barat-Medan Satria sepakterjang Muin tidak perlu diragukan lagi. Terpilih dari daerah pemilihan yang persaingannya ketat selama dua periode berturut-turut membuktikan Abdul Muin merupakan tokoh politik dengan basis massa yang loyal.

Ia juga figur yang dikenal memiliki jejaring luas. Muin misalnya aktif dan dikenal di kalangan Muhammadiyah Kota Bekasi. Dirinya juga dekat dengan kalangan Nahdlatul Ulama begitu juga kelompok Islam lainnya seperti Ikatan Cendikawan Muslim Indonesia (ICMI) di mana, ia bergabung di dalamnya.

Dirinya juga dekat dengan berbagai macam kalangan, seperti insan olahraga di mana ia juga pengurus cabang olahraga takraw serta dekat dengan para guru-guru di Kota Bekasi dan tokoh masyarakat di Kota Bekasi.

Bahkan, sebagai kader Muhammadiyah, ia mendapat dukungan khusus dari Amien Rais untuk bisa maju dalam Pilkada Kota Bekasi.

“Saya ingin kader Muhammadiyah ada yang bisa maju sebagai calon Wali Kota atau Wakil Wali Kota,” kata Amien Rais, saat menggelar kunjungan ke Kota Bekasi kala itu. (kub/gob)



loading...

Feeds

Serikat Pekerja Tolak Penghapusan UMSK

Serikat Pekerja Tolak Penghapusan UMSK

PERWAKILAN Serikat buruh dalam Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi menolak penghapusan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK). Mereka meminta supaya pembahasan UMSK …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

YAYASAN Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memperingatkan aktivitas belanja online merupakan transaksi yang rawan pelanggaran terhadap hak-hak konsumen. Dalam catatan YLKI, …