Psikolog Ini Beberkan Fenomena Artis Terjerat Narkoba

Psikolog Universitas Brawijaya Nuran Abdat. (Foto: Jawapos)

Psikolog Universitas Brawijaya Nuran Abdat. (Foto: Jawapos)

ARTIS Jennifer Dunn ditangkap aparat direktorat reserse Polda Metro Jaya lantaran dugaan penyalahgunaan narkoba. Dara cantik ini sudah tiga kali tertangkap akibat penyalahgunaan narkoba.

Psikolog Brawijaya Healthcare Nuran Abdat MPsi ikut menelaah banyaknya artis yang terjerat narkoba hingga berkali-kali. Menurutnya, para public figure atau artis tidak ingin terlihat memiliki beban berat atau stres.

Untuk itu, mereka lebih memilih menggunakan narkoba ketimbang kegiatan lainnya. Narkoba, lanjutnya, dapat membuat seseorang terlihat selalu bersemangat dan aktif dalam beragam situasi. Selain itu, dapat membantu seseorang terlihat tenang saat dihadapkan pada pekerjaan dengan tekanan tinggi serta terlihat meningkatkan kepercayaan diri.

“Kondisi artis pada ciri ini, secara psikologis mereka ingin menampilkan sisi stress free,” ujarnya kepada JawaPos.comdi Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Public figure sendiri berada dalam cara kerja yang tidak menentu dan tubuh terforsir, serta mengharuskan pekerjanya berhubungan dengan lingkungan yang sangat memengaruhi kehidupan pribadi mereka.

Dalam kasus Jennifer Dunn, Psikolog cantik ini menjelaskan seseorang public figure dapat terjerat dan tertangkap memakai narkoba hingga beberapa kali disebabkan oleh pengaruh adiktif atau candu pada narkoba. Suatu kondisi adiktif akan menempel pada panca indera seseorang.

“Maka ketika seseorang sudah kecanduan, perasaan enak (fly) sudah menempel dalam seluruh panca inderanya. Ketika sedang merasa bahagia saat memakai, maka seseorang akan berhalusinasi. Halusinasi rasanya jadi bahagia. Maka akan terekam di otak sehingga mempersulit seseorang untuk lepas dari narkoba,” jelasnya.

Supaya makin gampang akses berita gobekasi.co.id, yuk install aplikasinya di sini

“Penyebab lainnya ialah gaya hidup dan peran lingkungan. Saat seseorang masih menggunakan gaya hidup dan berada dalam lingkungan yang erat hubungannya dengan narkotika, maka akan memudahkan pengaruh seseorang atau public figure tersebut terjerat kasus yang sama,” pungkas Nuran.

(ce1/srs/jpc/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …