Soal Pendidikan Hukum Masuk Kurikulum Siswa, Pemkot Bekasi Akan Sampaikan ke Kemendikbud

BELAJAR: Siswa saat mengikuti belajar mengajar di dalam kelas. Menjelang pelaksanaan UN, siswa saat ini lebih kepada latihan mental.RANDY/RADAR BEKASI

BELAJAR: Siswa saat mengikuti belajar mengajar di dalam kelas. Menjelang pelaksanaan UN, siswa saat ini lebih kepada latihan mental.RANDY/RADAR BEKASI

PEMERINTAH Kota Bekasi akan menyampaikan dorongan pihak kepolisian setempat kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar dapat memasukan pendidikan hukum ke kurikulum siswa SD dan SMP.

Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, sebelumnya meminta agar Pemerintah Kota Bekasi dapat memasukan pendidikan hukum ke kurikulum siswa SD dan SMP.

“Namun, sifatnya disini kita hanya bisa meneruskan apa yang menjadi keinginan pihak kepolisian, kewenanganya ada di Pemerintah Pusat,” kata Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, Kamis (21/12/2017) kepada GoBekasi.co.id.

Ia menyambut baik apa yang telah menjadi wacana kepolisian setempat untuk memasuki pendidikan hukum ke kurikulum siswa SD dan SMP. Soalnya, aksi kejahatan saat ini didominasi dilakukan oleh para kalangan pelajar.

“Sebenarnya waktu jaman Pak Harto (Presiden Soeharto) pendidikan itu sudah ada, tetapi lama-lama hilang dan sekarang mamang harus diadakan kembali agar para siswa atau pemuda-pemudi dapat memahami betul hukum yang ada, masyarakat semua harus paham hukum untuk mengurangi tindak pidana,” tandasnya.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Komisaris Besar Polisi Indarto, belum lama ini menyampaikan wacana program pendidikan hukum masuk dalam kurikulum siswa SD dan SMP.

Menurutnya, program itu adalah inisiasi lanjutan yang sebelumnya telah diwacanakan bahkan ditekan dalam Memorandum of Understanding (MoU) oleh mantan Kapolres Metro Bekasi Kota, Komisaris Besar Polisi Hero Henrianto Bachtiar dengan Pemerintah Kota Bekasi.

Namun, program ini masih dalam proses pembahasan dengan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Hingga saat ini, belum ada kejelasan mengenai program tersebut. (kub/gob)



loading...

Feeds