Makna Hari Bela Negara bagi Menwa Ubhara

Menwa Ubhara. (Foto: Ist)

Menwa Ubhara. (Foto: Ist)

HARI Bela Negara atau HBN adalah hari bersejarah Indonesia yang jatuh pada tanggal 19 Desember. Hari Bela Negara tahun 2017 kali ini bertemakan “Tiada Hari Tanpa  BelaNegara”.

Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) Ubhara Jaya M. Andi Harizal, menjelaskan, dengan hal tersebut, semangat pemuda-pemudi Resimen Mahasiswa Universitas Bhayangkara selalu membara dalam hal Bela Negara.

“Selain kegiatan militer, Menwa Ubhara melakukan kegiatan-kegiatan dalam hal Bela Negara, yaitu dari sosial, terjun langsung bersama unsur BNPB tangap darurat bantu warga terkena bencana alam. Lanjut juga dengan kegiatan sosialisasi di setiap sekolah. Menwa ubhara juga aktif berperan mengikuti kegiatan diadakan Menwa Provinsi dalam hal ini Skomen Jayakarta,” jelasnya.

Lanjut Andi, Hari Bela Negara menurutnya momentum bagi pemuda-pemudi mahasiswa untuk aktif ikut bela negara.

“Di hari ini (Bela Negara, red) semangat perjuangan, sejarah jangan dilupakan. Nilai-nilai Bela Negara terus digelorakan, ujung tombak negara ada di mahasiswa. Oleh itu warga Indonesia terutama mahasiswa harus ikut aktif bela negara,” kata Ijal sapaan akrabnya.

Sementara itu Kepala Provos Resimen Mahasiswa Ubhara Jaya, Haripan menuturkan jiwa bela negara dikalangan mahasiswa menurutnya harus selalu digelorakan.

“Perlu adanya konsep kegiatan-kegiatan di mana memahami dan melakukan bela negara. Karena warga dan pemuda di kalangan mahasiswa masih ada yang belum paham dengan Bela Negara,” kata Haripan, yang juga menjabat sebagai Menteri BEM Ubhara.

Dirinya juga berharap kegiatan bela negara bisa didukung semua pihak, karena sudah diatur dalam peraturan.

“Pemerintah mewajibkan bela negara dan juga ikut dalam upaya bela negara, serta saya berharap setiap kegiatan bisa didukung semua pihak,” tutup Haripan dari Fakultas Hukum. (gob)



loading...

Feeds