KPU Bakal Data Ulang Penyandang Disabilitas

KPU Kota Bekasi sosialisasi kepada penyandang disabilitas soal Pilgub Jabar dan Pilkada Kota Bekasi 27 Juni 2018 di RM Margajaya, Bekasi Selatan, Senin (18/12/2017). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

KPU Kota Bekasi sosialisasi kepada penyandang disabilitas soal Pilgub Jabar dan Pilkada Kota Bekasi 27 Juni 2018 di RM Margajaya, Bekasi Selatan, Senin (18/12/2017). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

KPU Kota Bekasi bakal mendata ulang penyandang disabilitas yang mempunyai hak suara di Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang.

“Pendataan akan dimulai pada 20 Januari 2018,” kata Komsioner KPU Kota Bekasi, Kanti Prayogo, usai sosialisasi bersama penyandang disabilitas di RM Margajaya, Bekasi Selatan, Senin (18/12/201) kepada GoBekasi.co.id.

Pendataan ulang itu lantaran masih terdapat kekeliruan jumlah pemilih kaum disabilitas. Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disducasip) Kota Bekasi mencatat ada 1.029 penyandang disabilitas.

“Namun, data dari PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) Kota Bekasi hampir mencapai angka 2000. Makanya, kita akan pendataan ulang,” kata Kanti.

Ia menyebut, jika partisipasi dari para penyandang disabilitas juga sangat menentukan masa depan Kota Bekasi.

Ia menyesali pada Pilkada lalu, KPU tidak fokus memberikan penyuluhan kepada para penyandang disabilitas.

“Makanya pada Pilkada saat ini para penyandang disabilitas yang memang tidak dapat bangun atau mempunyai penyakit stroke akan kami jemput satu jam sebelum penutupan. Modelnya seperti pasien rumah sakit,” tandasnya.

Ketua PPDI Kota Bekasi, Daryanto, mengatakan jika saat ini jumlah penyandang disabilitas mengalami kenaikan.

“Naik sampai 10 persen dari jumlah Pilkada lalu yang hanya sekitar seribu orang, sekarang hampir dua ribu,” ungkap Daryanto.

Daryanto sendiri kecewa pada KPU dimana pada Pilkada tahun lalu, kaumnya tidak terlalu mendapatkan perhatian. Padahal, mereka mempunyai hak suara.

“Tahun ini saya sangat apresiasi KPU, mereka lebih intens melakukan sosialiasi kepada kami. Penyandang disabilitas sendiri paling banyak berada di wilayah Bekasi Utara yakni mencapai 20 persen, sementara wilayah lain hanya delapan persen,” pungkasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …