Pria di Balik Bank Garansi Bodong di Cikarang Terciduk

Tersangka penipuan bermodus bank garansi. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Tersangka penipuan bermodus bank garansi. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

POLRES Metro Bekasi mengungkap pelaku penipuan yang menawarkan jasa pembuatan bank garansi melalui situs web dengan nama perusahaan PT Mitra Jasa Garansindo.

“Menurutnya, pelaku bernisial BP selain website juga membuat iklan yang serupa dan dikirimkan melalui e-mail dan faks,” kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Kumara beberapa waktu lalu.

Setelah bank garansi, pelaku juga meminta bayaran terkait jasa pembuatan bank garansi yang diminta oleh salah satu perusahaan di kawasan industri Cikarang.

“Setelah dicek oleh pelapor AM, nomor register bank garansi tersebut tidak pernah terdaftar di bank yang mengeluarkan bank garansi tersebut,” ucapnya.

Korban mengalami total kerugian sebesar Rp141 juta rupiah. Dari hasil penangkapan polisi menyita barang bukti 1 unit PC, printer, modem, kalkulator, stempel, 1 lembar surat penawaran bank garansi, 1 bendel surat permohonan dari beberapa perusahaan, 1 bundel profil perusahaan PT. Mitra Jasa Garansindo, 1 bundel blanko kosong, 3 buah kartu ATM, 2 buah buku rekening, 3 unit handphone dan uang senilai Rp39 juta.

Sementara pelaku BP mengatakan bahwa ia pernah bekerja di salah satu perusahaan asuransi selama 7 tahun dan hasil kejahatannya digunakan untuk berfoya-foya.

Atas perbuatanya pelaku dikenakan Pasal 28 Ayat 1 juncto Pasal 45-A Ayat 1 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Transaksi dan Informasi Elektronik dengan hukuman paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp1 miliar. (dam/gob)



loading...

Feeds

Pelatihan Wirausaha

CCAI Beri Pelatihan Kewirausahaan

COCA-Cola Amatil Indonesia (CCAI) menggelar pelatihan kewirausahaan kepada sejumlah warga sekitar pabrik CCAI dan anggota Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi …
Pengaruhi Hak Pilih Warga Kota Bekasi, Pak RT dan RW Terancam Sanksi Pidana

KPU Harus Jamin Hak Pilih Warga

KETUA Kajian Masyarakat Merdeka, Ahmad Lauhil Mahfuz, menilai jika bicara Pemilu  maka sumbernya adalah rakyat yang berdaulat. Oleh sebab itu, …