Siswa SD di Bekasi Selatan Diduga Terjangkit Difteri

Difteri. (Herlambang/JawaPos)

Difteri. (Herlambang/JawaPos)

DIFTERI mulai merambah Kota Bekasi. Seorang siswi kelas 1 di SD Al Ikhlas, Kelurahan Jakasetia bernama Vania mengalami sejumlah gejala difteri. Korban dirawat sejak Jumat (8/12/2017).

“Dirawat sejak Jumat malam di RS Hermina Galaxy di ruang isolasi,” ungkap Tejo, relawan URC, Selasa (12/12/2017).

Orang tua Vania, Dewi Noviyanti mengatakan, sakit yang menimpa putrinya itu membuatnya panik. Pasalnya, sang anak mengalami demam dan terlihat ada gumpalan di tenggorokan.

“Saya panik lalu membawa Vania ke rumah sakit karena khawatir difteri. Soalnya di tenggorokan ada gumpalan menyerupai lendir warna putih dan anaknya demam,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati mengatakan, pihaknya akan memastikan apakah Vania terjangkit difteri atau tidak.

“Kita dari dinas melakukan penyelidikan dan epidemiologi terkait juga dengan koordinasi penanganan pasien dengan rumah sakit. Kita akan pantau terus sampai pasien sembuh,” ucapnya.

Dia menjelaskan, bahwa kejadian kepada Vania masih diduga atau suspect dari 12 kasus difteri selama 1 tahun ke belakang. Untuk itu, pihaknya akan mengambil sampel untuk diperiksa di laboratorium.

“Suspect baru, tapi belum pasti, masih akan diperiksa laboratorium untuk memastikan. Kalau pasien baru akan dilakukan pemeriksaan laboratorium. Kalau hasil pemeriksaan laboratorium positif baru dinyatakan ada kasus baru. Tapi walaupun demikian pengobatan pasien tetap dijalankan sambil nunggu hasil laboratorium,” ucapnya.

Diketahui bahwa, gejala umum difteri suara serak, tenggorokan terasa sakit, nyeri saat menelan, kesulitan bernafas, kelenjar getah bening di leher membesar atau bengkak. Tenggorokan dan amandel tertutup oleh membrane berwarna abu – abu serta demam dan menggigil.

Saat ini, Dinkes Kota Bekasi tengah melakukan vaksinasi difteri. Vaksinasi tersebut akan dilakukan tiga tahap yaitu pada Desember 2017, Januari dan Juni 2018.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …