2 Warga Kabupaten Bekasi Positif Terjangkit Difteri

Data Difteri. (Foto: Jawa Pos)

Data Difteri. (Foto: Jawa Pos)

DINAS Kesehatan Kabupaten Bekasi mencatat 2 anak positif menderita penyakit difteri dan telah melakukan penanganan. Hal itu dijelaskan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny.

Katanya, kasus difteri yang sudah mewabah di Jawa Barat mendapat perhatian Kementrian Kesehatan, untuk itu telah disusun petunjuk teknis dalam penanganan penyakit tersebut.

“Kita telah memerintahkan setiap puskesmas maupun rumah sakit untuk sigap dan selalu berkoordinasi dengan dinas kesehatan dalam melakukan penanganan apabila menemukan kasus penyakit difteri,” katanya.

Sementara ini baru ada 2 kasus penyakit difteri yang diketemukan, 1 kasus lainnya belum terkonfirmasi apakah benar-benar merupakan kasus penyakit difteri, namun ciri-cirinya menunjukan penyakit tersebut.

“Penyakit itu belum mewabah di Kabupaten Bekasi karena sudah bisa teratasi, namun pihaknya terus mewaspadai penyakit tersebut dikarenakan, wilayah kabupaten bekasi merupakan daerah perlintasan,” jelasnya.

Sri Enny menambahkan jika ada yang terkena difteri, petugas puskesmas harua melakukan survei, yaitu melacak sampai sejauh mana dan asal kuman itu menjangkiti korban.

Penyakit difteri sendiri merupakan wabah berasal dari kuman corynebacterium diphtheria, yang penyebarannya cukup cepat melalui udara. Penyakit ini menyerang bagian atas mukosa saluran pernapasan dan kulit yang terluka.

Anak-anak lebih rentan terkena difteri. Karena itu, imunisasi menjadi salah satu langkah pencegahan yang dinilai efektif. (dam/gob)



loading...

Feeds

SMAN 2 Kota Bekasi jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional

PPP Resmi Usung Rahmat Effendi-Sholihin

DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi telah mengeluarkan surat rekomendasi mengusung Rahmat Effendi dan Sholihin untuk …
Ketua DPC Gerindra Imbau Para Balon Wali Kota Intropeksi Diri

Gerindra Ogah Hanya Jadi Pendukung

BENDAHARA DPC Gerindra Kota Bekasi, Muhamad Dian, menegaskan jika partainya tidak akan menjadi partai pendukung, melainkan pengusung pada Pilkada Kota …
Polisi memegang celurit yang digunakan pelaku untuk menghabisi korban, Senin (11/12/2017). (Foto: M Yakub/GoBekasi)

Polisi: Pembunuh Bukan Kekasih Korban

KEPOLISIAN Resor Metropolitan Bekasi Kota, memastikan jika kasus pembunuhan yang menimpa gadis SMA bernama Mashita Octavian (18) adalah salah salah …