Bappeda Kota Bekasi Tekankan Pentingnya Pendidikan bagi Kemajuan

Penyelenggara, narasumber, bersama peserta foto bersama usai melaksanakan forum diskusi bertemakan “Tantangan Pendidikan Untuk Generasi Masa Depan”, Senin (4/12/2017). (Foto: Ahmad F/Radar Bekasi)

Penyelenggara, narasumber, bersama peserta foto bersama usai melaksanakan forum diskusi bertemakan “Tantangan Pendidikan Untuk Generasi Masa Depan”, Senin (4/12/2017). (Foto: Ahmad F/Radar Bekasi)

KEPALA Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Koswara Hanafi usai kegiatan diskusi di Hotel Santika mengatakan, pendidikan adalah wadah untuk membangun masa depan yang cerah dengan pondasi yang kuat.

Pendidikan sebagai ujung tombak kemajuan suatu bangsa. Semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat suatu bangsa, semakin disegani dan dihargai bangsa itu.

“Manusia yang berpendidikan akan membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang demi kesejahteraan manusia lainnya dan akan menularkan ilmunya kepada generasi penerusnya,” ujarnya Senin (4/12/2017).

Namun, pada beberapa orang pendidikan masih dianggap sepele. Pemahaman tersebut yang dinilai perlu dirubah dan menjadi tantangan kedepan.

”Siapapun orangnya entah dokter, professor, insinyur masih terus belajar. Sehingga munculah istilah long life education,” terangnya.

Menurut Koswara, masih ada anggapan masyarakat bahwa jika ingin kaya maka bekerja, namun jika ingin pintar barulah belajar. Pemahaman tersebut membuat mereka cenderung langsung bekerja tanpa memikirkan untuk melanjutkan studinya.

“Atau ada anggapan lain yang berkata bahwa orang yang tidak bersekolah akan bekerja, setelah sukses dia akan mempekerjakan orang pintar (anak sekolahan). Nah, masalahnya sekarang, jika yang tidak sekolah saja bisa mempekerjakan seseorang apalagi bagi mereka yang bersekolah pastilah jauh melampaui mereka yang tidak bersekolah,” paparnya.

Lanjut dia, Pendidikan itu adalah modal utama membentuk karakter bangsa, peningkatan taraf kehidupan individu dapat dicapai melalui pendidikan.

Dewasa ini sudah banyak bantuan subsidi dan beasiswa dari pemerintah untuk mengenyam pendidikan tinggi secara gratis.

”Tinggal kita tanya pada diri sendiri mau sekolah atau tidak, mau cerdas atau tidak, mau maju atau tidak, pilihan ada pada diri sendiri,”paparnya.

Koswara juga menekankan kepada peserta yang hadir, khususnya kalangan pelajar mahasiswa untuk semangat menggapai ilmu agar lahir generasi cerdas.

“Saya harap dengan pendidikan, suatu saat akan menemukan jalan mudah menuju masa depan lebih baik, memberikan banyak manfaat untuk bangsa dan negara,” jelasnya.

Koswara mengajak tiap individu untuk menomor satukan pendidikan guna turut mencerdaskan kehidupan bangsa, dan menjadikan negara berdiri diatas kaki sendiri.

”Lewat pendidikan kita sebagai putra-putri masa depan bangsa, menjadikan negara ini bermartabat dimata dunia lewat pendidikan yang dirasakan seluruh lapisan masyarakatnya,” tandasnya. (adv/gob)



loading...

Feeds

Ilustrasi vaksin. (Foto: vaccineressitancemovement)

3 Tahap Vaksinasi Difteri

ADA beberapa tahapan agar anak-anak terhindar dari penyakit Difteri yang saat ini masuk dalam Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa …
SMAN 2 Kota Bekasi jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional

PPP Resmi Usung Rahmat Effendi-Sholihin

DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi telah mengeluarkan surat rekomendasi mengusung Rahmat Effendi dan Sholihin untuk …
Ketua DPC Gerindra Imbau Para Balon Wali Kota Intropeksi Diri

Gerindra Ogah Hanya Jadi Pendukung

BENDAHARA DPC Gerindra Kota Bekasi, Muhamad Dian, menegaskan jika partainya tidak akan menjadi partai pendukung, melainkan pengusung pada Pilkada Kota …