Ada Ribuan Pengidap HIV AIDS di Kota Bekasi, Berpotensi Meningkat

DINAS Kesehatan Kota Bekasi mendata jumlah pengidap HIV di Kota Bekasi berjumlah 6.493 orang sedangkan pengidap AIDS mencapai 1.383 orang. Jumlah kasus HIV/AIDS di Kota Bekasi diproyeksikan naik hingga penghujung tahun 2017.

Sebab sampai November saja jumlah tersebut tembus di angka 6.493 pengidap HIV dan 1.383 pengidap AIDS. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Sukrawati.

Dirinya mengatakan, bertambahnya jumlah penderita HIV/AIDS itu, akibatkan rendahnya pengetahuan masyarakat terkait penyakit mematikan tersebut. Penyebabnya, bisa melalui jarum suntik, homo seksual, dan heteroseksual.

Untuk itu, kata dia, Kota Bekasi terus mengembangkan klinik voluntary counseling dan testing yang tersebar di wilayah Kota Bekasi.

“Hal itu guna menginformasi sekaligus memberikan pelayanan dan pengobatan rutin,” ujarnya Minggu (3/12/2017).

Dirinya menjelaskan, untuk mengurangi penyebaran angka HIV AIDS, diperlukan keterlibatan semua pihak. Terutama dukungan keluarga dan pendampingan lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya.

Sampai sejauh ini, memang belum ada obat yang menyembuhkan secara total terkait penyakit AIDS. Meski demikian, ada obat yang dapat menekan pertumbuhan virus AIDS sehingga mampu menghambat perkembangan, dan hal itu akan memperpanjang usia hidup penderita HIV AIDS.

“Di Kota Bekasi penularan penyakit HIV/AIDS lebih dominan disebabkan oleh penggunaan jarum suntik. Biasanya, satu jarum suntik itu dipakai beramai-ramai dengan temanya. Kebanyakanyan tertular dari narkotika,” tuntasnya. (dyt/gob)



loading...

Feeds

SMAN 2 Kota Bekasi jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional

PPP Resmi Usung Rahmat Effendi-Sholihin

DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi telah mengeluarkan surat rekomendasi mengusung Rahmat Effendi dan Sholihin untuk …
Ketua DPC Gerindra Imbau Para Balon Wali Kota Intropeksi Diri

Gerindra Ogah Hanya Jadi Pendukung

BENDAHARA DPC Gerindra Kota Bekasi, Muhamad Dian, menegaskan jika partainya tidak akan menjadi partai pendukung, melainkan pengusung pada Pilkada Kota …
Polisi memegang celurit yang digunakan pelaku untuk menghabisi korban, Senin (11/12/2017). (Foto: M Yakub/GoBekasi)

Polisi: Pembunuh Bukan Kekasih Korban

KEPOLISIAN Resor Metropolitan Bekasi Kota, memastikan jika kasus pembunuhan yang menimpa gadis SMA bernama Mashita Octavian (18) adalah salah salah …