Jelang Pergantian Tahun, Tarif Listrik Naik?

anager PLN Area Bekasi, Renny Wahyu Setiawan, saat memberikan pemaparan pada agenda sosialisasi kebijakan pelayanan di bidang ketenagalistrikan, kepada ratusan warga di ruang aula Kecamatan Bekasi Timur, Rabu (29/11/2017), bersama Kementerian ESDM. Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

anager PLN Area Bekasi, Renny Wahyu Setiawan, saat memberikan pemaparan pada agenda sosialisasi kebijakan pelayanan di bidang ketenagalistrikan, kepada ratusan warga di ruang aula Kecamatan Bekasi Timur, Rabu (29/11/2017), bersama Kementerian ESDM. Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Ketenagalistrikan melaksanakan sosialisasi kebijakan pelayanan di bidang ketenagalistrikan, kepada ratusan warga di ruang aula Kecamatan Bekasi Timur, Rabu (29/11/2017).

Kasubdit Harga Tenaga Listrik Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Jisman Hutajulu, menyampaikan jika hingga Desember 2017 ini tidak ada kenaikan tarif listrik. Kecuali mencabut daya 900 Va bagi yang mampu.

Ia mengatakan, pihaknya bekerja tidak lepas dengan landasan hukum seperti UU Nomor 30 Tahun 2007 tentang energi, UU No 30 Tahun 2009 tetang ketenagalistrikan, UU No 19 Tahun 2003 tentang BUMN dan PP No 14 Tahun2 012 tentang kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik.

“Kami menetapkan tarif tidak semena mena, langsung cek kepada masyarakat. Kita suplai listrik dengan harga terjangkau meskipun listrik merupakan kebutuhan primer dan penggerak ekonomi,” katanya.

Menurutnya, Kementerian ESDM selaku regulator menjaga agar penyediaan tenaga liatrik dilakukan secara efisien dan menjaga keseimbangan kepentingan penyedia listrik (PLN) dan konsumen.

Pemerintah melakukan evaluasi biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik PLN, dengan berprinsip pada biaya cost dan memaksimalkan efesiensi melalui diservikasi energi primer dan penurunan losses.

“Subsidi listrik diprioritaskan bagi konsumen. Terdapat 13 golongan tarif listrik rumah tangga. Seharusnya tahun ini naik, tapi kita tahan tidak naik. Dana ada 24 golongan prlanggan yang diberikan subsidi listrik,” jelas dia.

Kementerian ESDM juga memberikan keringanan bagi pemegang Industri anyaman dan UMKM dengan memberikan subsidi. Lanjutnya, sejatinya setiap tiga bulan pihaknya melakukan penerapan tarif adjusment sesuai dengan kurs dollar.

“Rasio Elektrifikasi tahun 2017 secara nasional 93,08 persen, di 2019 nanti diproyeksikan 97 persen indonesia terlaliri listrik dan semoga 2020 100 persen teraliri listrik sesuai dengan progran Pak Jokowi yang melakukan pembangunan dari pinggir pulau jawa,” kata dia.

Kementerin ESDM juga berencana melalukan penyerdahan tarif listrik. Karane ada dorongan mobil dan motor listrik. Jika rencana itu terealisasi, maka pihaknya mewacanakan agar penambahan daya tidak dikenakam tarif.

“Sekarang masih di kaji sesuai dengan intruksi Presiden,” tutur dia.

Manager PLN Area Bekasi, Renny Wahyu Setiawan, mengatakan kebijakan yang disosialisasikan kepada masyarakat dari Kementerian ESDM Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan ada empat bahasan utama yakni, hak dan kewajiban konsumen, tingkat mutu pelayanan, media pengaduan, dan penertiban pemakaian tenaga listrik.

Dia menjelaskan, dasar hukum yang digunakan dalam tingkat mutu pelayanan yakni UU 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan, dan UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Selain itu juga berdasar Peraturan Pemerintah (PP) 14 tahun 2012 sebagaimana diubah dengan PP 23 tahun 2014, tentang kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik.

“Kemudian juga ada peraturan menteri ESDM 27 tahun 2017, tentang tingkat mutu pelayanan dan biaya yang terkait dengan penyaluran tenaga listrik oleh PLN,” jelasnya.

Reny berharap, dengan sosialisasi yang dilakukan, maka masyarakat bisa lebih memahami soal hak dan kewajiban sebagai pelanggan listrik PLN. Memahami jalur pengaduan ketika terjadi gangguan, dan tidak melakukan pelanggaran.

“Kami tegas melakukan penertiban terhadap pelanggaran pemakaian tenaga listrik. Tentunya sesuai dengan golongan pelanggaran yang dilakukan,” ujar dia.

Dia menambahkan, PLN memberikan kemudahan bagi masyarakat melalui aplikasi PLN mobile. Di wilayah Bekasi sendiri kantor yang terbangun sebanyak 10 unit dengan jumlah pelanggan 1.562.700.

“Ini merupakan terbesar di Indonesia dengan kondisi aset terbesar di jawa barat, kita punya 18 gardu induk dengan kapasitas daya trafo GL mencapai 2.077 Mega Volt dan panjang JTR 9.387,” katanya.

Ia juga memastikan jika pelanggan kebanyak yang PLN area Bekasi layani bersumber sari pelanggan rumah tangga sebesar 94,61 persen. Dalam hal ini jumlah pelanggan rumah tangga yang masih menerima subsidi sebanyak kurang lebih 400 dan penikmat daya 900 Va subsidi pemerintah.

“Kecukupan daya survei ketenagalistrikan kami terkoneksi bisa sampai sumatra dan seluruh Indonesia. Di Bekasi dari 18 gardu induk, Bekasi Timur kami pasok dari 3 gardu induk masing masing kapasitas 5×60 Mega Volt,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilustrasi vaksin. (Foto: vaccineressitancemovement)

3 Tahap Vaksinasi Difteri

ADA beberapa tahapan agar anak-anak terhindar dari penyakit Difteri yang saat ini masuk dalam Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa …
SMAN 2 Kota Bekasi jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional

PPP Resmi Usung Rahmat Effendi-Sholihin

DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi telah mengeluarkan surat rekomendasi mengusung Rahmat Effendi dan Sholihin untuk …
Ketua DPC Gerindra Imbau Para Balon Wali Kota Intropeksi Diri

Gerindra Ogah Hanya Jadi Pendukung

BENDAHARA DPC Gerindra Kota Bekasi, Muhamad Dian, menegaskan jika partainya tidak akan menjadi partai pendukung, melainkan pengusung pada Pilkada Kota …