Kejar Target RTH 30 Persen di Kota Bekasi

Ruang terbuka hijau di Kota Bekasi. (Foto: Radar Bekasi)

Ruang terbuka hijau di Kota Bekasi. (Foto: Radar Bekasi)

RUANG terbuka hijau di Kota Bekasi belum memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Tata Ruang, yaitu 30 persen dari total luas wilayah.

Akademisi Unisma Bekasi, Adi Susila mengatakan, untuk mencapai target tersebut harus ada upaya kongkrit dan kesungguhan dari semua pihak.

Menurutnya, Pemkot Bekasi sebagai regulator perlu memiliki kebijakan turunan untuk menerapkan hal tersebut. Sehingga, target ketersediaan 30 persen RTH di Kota Bekasi dapat tercapai.

“Harus ada aturan turunan dari pemkot bekasi untuk mendorong pencapaian 30 persen itu. Apakah harus ada taman atau mewajibkan setiap kantor gedung harus ada RTH, sehingga ada aturan turunan yang mempertegas,” kata Adi kepada Radar Bekasi (grup pojokjabar.com), Kamis (23/11/2017).

Menurut dia, Pemerintah juga harus bertindak tegas jika kemudian ada pihak yang tidak mentaati peraturan tersebut. Sehingga, target pencapaian 30 persen itu dapat terealisasi dengan baik.

“Harusnya diberikan sanksi kepada yang melanggar, itu kan masalahnya berarti di penegakan aturan, ketika sudah ada aturan dan dilanggar harus disanksi,” tambahnya.

Presentase ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bekasi baru mencapai 14 persen. Hal tersebut disampaiakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi. (neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilustrasi vaksin. (Foto: vaccineressitancemovement)

3 Tahap Vaksinasi Difteri

ADA beberapa tahapan agar anak-anak terhindar dari penyakit Difteri yang saat ini masuk dalam Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa …