Begini Cara Kerja CDMC di Kabupaten Bekasi

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis meninjau peralatan satuan intelijen Polres Metro Bekasi, Cikarang Utara, Kamis (23/11/2017). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis meninjau peralatan satuan intelijen Polres Metro Bekasi, Cikarang Utara, Kamis (23/11/2017). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

CRISIS and Disaster Management Center (CDMC) menjadi salah satu model koordinasi dalam upaya penanganan bencana di Kabupaten Bekasi. Bahkan CDMC dinilai oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis sebagai program terintegrasi pertama di Indonesia.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Asep Adisaputra mengatakan di Kabupaten Bekasi memiliki kondisi Demografi dan Sosialogi yang berbeda.

“Bekasi perkembangannya dinamik secara psikologi dan sosiologi. Kondisi geodrafis dan demografis pasti banyak persoalan-persoalan terjadi. Banyak persoalan yang diselesaikan bersama dengan seluruh aspek masyarakat,” katanya.

Lanjut Asep, dari 3 juta total jumlah penduduk Kabupaten Bekasi ada 500 ribu buruh bermukim disini. Persoalan buruh menjadi polemik yang konsisten. Komunikasi dan pendekatan dinilai menjadi kunci dengan buruh dapat bekerjasama dengan baik kondusif. Semua dalam kondisi sudah terbangun dengan komunikasi.

“Secara geografi Bekasi tidak kalah dengan daerah lain bencana tidak terus menerus tetapi cukup lengkap seperti kekeringan,banjir dan longsor,” katanya.

Cara kerja CDMC adalah semua lapisan masyarakat baik itu camat, TNI serta tokoh masyarakat menjadi pusat informasi dan masing terdiri 2 perwakilan untuk menjangkau semuanya.

Nantinya informasi tersebut akan terdeteksi dengan pencegahan dan penindakan dan Polrestro Bekasi segera mengkomunikasikan dengan pihak terkait.

“Kawasan Bekasi berbeda dengan yang lain. Ada dua bencana yang bergerak cepat Kepolisian dan TNI. Perlindungan yang luar biasa terhadap kepolisian. Penangan daerah lain tidak terorganisasi. Bekasi perlu pengelolaan terukur dan struktur,” tutup Asep. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …