Soal Limbah, DPRD Kota Bekasi Bakal Gandeng Amerika

Kondisi Kali Bekasi terpantau dari Jalan Hasibuan, Bekasi Selatan, Jumat (17/3/2017). Permukaan air Kali Bekasi dipenuhi busa. (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Kondisi Kali Bekasi terpantau dari Jalan Hasibuan, Bekasi Selatan, Jumat (17/3/2017). Permukaan air Kali Bekasi dipenuhi busa. (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

KOTA Bekasi belum lama ini geger dengan persoalan limbah yang mencemari lingkungan. Apalagi, limbah itu menyerang Kali Bekasi dimana menjadi pasokan air bersih warga melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trirta Patriot dan Bhagasasi.

Limbah itu menjadi persoalan serius DPRD Kota Bekasi. Untuk menyelesaiakan itu, Panitia Khusus 15 DPRD Kota Bekasi berencana menggandeng pihak luar dalam hal ini SS One dari Amerika Serikat untuk menangani persoalan limbah dengan teknologi mutakhir.

“Kerjasama ini dalam rangka menyiapkan seluruh alat dengan modal untuk dipakai di perumahan guna memisahkan antara limbah yang tidak layak dengan air bersih,” kata Sekretaris Pansus 15, Abdul Muin Hafidz, Jumat (17/11/2017) kepada GoBekasi.co.id.

Jadi nantinya saluran-saluran limbah pembuangan perumahan yang tidak layak seperti, septik tank dan lainnya akan terbantukan dengan pengolahan dan pemisahan antara sumber air bersih dengan limbah rumah tangga.

Menurut Muin, hal ini akan diberlakukan secara menyeluruh di Indonesia dan berharap akan ada perubahan signifikan sekaligus sebagai solusi bagi berbagai macam hal, termasuk kesehatan masyarakat di Kota Bekasi.

“Kerjasama ini juga nantinya akan menyasar pada penyelesaian masalah pencemaran limbah industri di Kali Bekasi yang belakangan ini menjadi persoalan serius pemerintah kota Bekasi, apalagi kali Bekasi sebagai sumber utama air baku PDAM,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …